alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Longsor Landa Kawasan Perbukitan di Jember

Bambang Sugiarto
Longsor Landa Kawasan Perbukitan di Jember
Longsor menimpa rumah warga di Desa Kemuning, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember, Jatim, Sabtu (9/2/2019). (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER - Tanah longsor terjadi di kawasan perbukitan di Kecamatan Arjasa, Jember, Jawa Timur (Jatim) Sabtu (9/2/2019) akibatnya hujan deras yang turun.

Satu rumah warga tertimbun longsoran sedangkan belasan rumah lain terancam terkena longsor.

Kejadian ini sempat membuat warga setempat panik dan berhamburan keluar rumah. Dari pantauan, longsor di Desa Kemuning Lor sepanjang 5 meter lebih itu menimbun bagian samping salah satu rumah warga setinggi 3 meter. Beruntung rumah tersebut tidak hancur dan penghuninya juga selamat.



Menurut warga, longsor terjadi pukul 04.30 WIB setelah hujan. Sebelumnya terdengan suara pepohonan yang roboh dan suara gemuruh tanah bergerak.

“Longsor terjadi tadi pagi jam 03.30 WIB. Kami semua panik sampai gemetaran karena longsor di dekat rumah. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi,” kata Sri Astuti.

Selain menimpa satu rumah, longsor juga menyisakan retakan tanah di kawasan itu sepanjang 6 meter. Kondisi ini membuat warga khawatir akan terjadi longsor susulan jika hujan kembali turun. Apalagi, ada belasan rumah di kawasan perbukitan.

“Sekarang ini ada belasan rumah yang terancam tertimpa longsor kalau hujan turun lagi. Kalau yang tertimpa longsor tadi satu rumah, tapi enggak sampai ada kerusakan,” kata warga lainnya, Syukur.

Agar longsor tidak semakin parah, warga setempat bergotong royong memasang terpal bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember di area terdampak longsor. Dengan begitu, saat hujan turun, air hujan tidak menggerus tanah yang ditutupi terpal dan langsung mengalir ke bawah. Warga juga kerja bakti membersihkan pepohonan yang roboh akibat longsor.

Kendati masih khawatir terjadi longsor sususlan, warga sejauh ini tidak akan mengungsi dan tetap tinggal di rumahnya. Namun, jika hujan terus mengguyur dengan intensitas cukup tinggi dan dalam jangka waktu lama, warga bersiap mengungsi ke tempat yang lebih aman.



(vhs)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif