alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Konsumsilah Kandungan Makanan Terbaik untuk Cegah Hipertensi

Alvin
Konsumsilah Kandungan Makanan Terbaik untuk Cegah Hipertensi
Potasium adalah sumber makanan yang baik untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi. Setidaknya ada 6 makanan berpotasium yang direkomendasikan. (Healthline)

SURABAYA - Tekanan darah tinggi atau hipertensi tidak selalu mudah dikenali. Namun, ini dianggap sebagai kondisi yang serius.Risiko kesehatan sngat rawan jika tidak dirawat.

Hipertensi bisa menyebabkan masalah kesehatan serius seperti stroke atau serangan jantung.

Agar menghindari risiko apa pun akibat tekanan darah tinggi, maka penting bagi kita semua untuk secara rutin memeriksa tekanan darah karena gejalanya tidak selalu terlihat. Sejumlah faktor diketahui bisa meningkatkan peluang mengembangkan tekanan darah tinggi. Salah satunya adalah makan makanan yang tidak sehat.



Diet yang sehat bisa membantu Anda untuk menjaga tekanan darah untuk tetap normal. Selain itu, olahraga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Olahraga ringan seperti melakukan aktivitas bersih-bersih rumah punm bisa membantu.

Dikutip dari Express.co.uk, diet yang paling baik untuk menjaga tekanan darah adalah makan banyak potasium. Potasium membantu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek buruk garam.

“Ginjal membantu mengendalikan tekanan darah dengan mengontrol jumlah cairan yang disimpan di dalam tubuh. Makin banyak cairan, maka makin tinggi pula tekanan darah. Ginjal melakukannya dengan menyaring darah dan mengeluarkan cairan tambahan, yang kemudian disimpan di kandung kemih sebagai urin.

Proses ini menggunakan keseimbangan antara sodium dan potasium untuk menarik air dari seluruh dinding sel dari aliran darah ke saluran pengumpul menuju kandung kemih. Makan garam meningkatkan jumlah sodium di dalam aliran darah dan merusak keseimbangan, mengurangi kemampuan ginjal menghilangkan air,” tulis Blood Pressure UK.

Dengan makan lebih banyak potasium, maka ginjal akan terbantu untuk bekerja lebih efisien. Potassim ditemukan di sebagian besar jenis makanan. Namun, sumber yang baik adalah pisang, brokoli, kacang-kacangan dan biji-bijian, daging sapi, daging ayam serta ikan.

Orang dewasa direkomendasikan mengonsumsi 3.500 mg potasium per hari. Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi lebih dari itu karena akan berbahaya bagi tubuh. Kelebihan dosis potasium bisa menyebabkan sakit perut, mual dan diare.



(vhs)

Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif