alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Maling Motor Spesialis Rumah Kost Dibekuk Polretabes Surabaya

Lukman Hakim
Maling Motor Spesialis Rumah Kost Dibekuk Polretabes Surabaya
Khairul Anam (23), warga Jalan Tambak Wedi, Surabaya (tengah) saat diamankan di Mapolrestabes Surabaya. Foto/SINDONews/Lukman Hakim

SURABAYA - Satreskrim Polrestabes Surabaya menangkap Khairul Anam warga Jalan Tambak Wedi, Surabaya. Pemuda berusia 23 tahun itu merupakan pencuri sepeda motor spesialis rumah kost, khususnya yang ada di wilayah Surabaya timur.

Di antaranya di wilayah Sukolilo, Kenjeran, Gubeng, Tambaksari dan Simokerto. Di kelima kecamatan tersebut, pelaku telah beroperasi sebanyak 23 kali. “Hampir semua sepeda motor yang dicuri adalah jenis otomatis, yakni Honda Beat dan Honda Vario,” kata Kanit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya Iptu Bima Sakti di Mapolrestabes Surabaya, Senin (11/2/2019).

Bima mengatakan, pada 11 Januari 2019, pelaku beroperasi bersama tersangka lain, HR (buron/joki)menggunakan sepeda motor Honda Beat L 6988 SX. Kali ini sasarannya adalah rumah kost yang ada di Jalan Lebak Jaya, Kecamatan Tambaksari.



Saat di lokasi, kedua pelaku ini melihat sepeda motor Honda Scoopy ber-Nomor Polisi (Nopol) P 6733 KH sedang terparkir di depan rumah kost. Melihat situasi aman, HR lantas mendekati sepeda motor tersebut dan merusak kunci kontak dan kunci setir.

Pelaku merusak menggunakan kunci T. Setelah kunci berhasil dibuka, HR lantas membawa kabur sepeda motor tersebut. Selanjutnya, sepeda motor curian itu dijual kepala JN (tersangka/buron) seharga Rp3 juta. Uang tersebut dibagi dua antara Khairul Anam dan HR. Masing-masing mendapat Rp1,5 juta.

“Dari penangkapan terhadap pelaku, kami mengamankan satu unit sepeda motor Honda Beat L 6988 SX, satu jaket dan rekaman CCTV,” ujar Bima.

Sementara itu, Khairul Anam di hadapan penyidik mengaku, dalam menjalankan aksi pencurian sepeda motor ini, dia berperan sebagai pihak yang mengawasi keamanan sekitar TKP. Ketika di rasa sudah aman, baru temannya, HR yang mengeksekusi. “Sepeda motor hasil curian ini saya jual ke Madura. Uangnya saya gunakan untuk foya-foya,” katanya.



(msd)

loading...