alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

1.500 Warga Belum Kantongi e-KTP, Perekaman Terus Dikebut

Tritus Julan
1.500 Warga Belum Kantongi e-KTP, Perekaman Terus Dikebut
Warga melakukan perekaman e-KTP di kantor Dispendukcapil, Kabupaten Mojokerto, Senin (11/2).Foto/SINDONews/Tritus Julan

MOJOKERTO - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Mojokerto terus mengebut perekaman kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Langkah ini dilakukan karena masih  ada ribuan warga yang belum mengantongi e-KTP untuk persiapan pemilihan umum nanti.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Mojokerto Bambang Eko Wahyudi mengatakan, pihaknya telah melakukan pembagian e-KTP kepada 15.000 warga yang sudah melakukan perekaman. Di bulan ini, masih ada sekitar 1.500 warga yang belum melakukan perekaman.

Untuk itu, pihaknya terus melakukan upaya jemput bola agar semua warga bisa mengantongi e-KTP sebagai syarat untuk melakukan pencoblosan dalam pemilu nanti. Selain menggelar perekaman di setiap kecamatan, sosialisasi juga digencarkan. ”Yang 15.000 e-KTP sudah kami bagikan serentak,” ujar Bambang, Senin (11/2).



Bambang menandaskan, jumlah warga yang belum mengantongi e-KTP terus menurun. Begitu pula dengan jumlah perekaman e-KTP yang mengalami penurunan sejak bulan Desember tahun lalu. Itu artinya, kata dia, saat ini jumlah warga yang tak mengantongi e-KTP semakin sedikit. ”Kita terus kurangi hingga pemilu nanti,” tandasnya.

Lebih juauh Bambang menyebutkan, dari 1.500 warga yang belum melakukan perekaman e-KTP, 300 orang diantaranya merupakan pemilih pemula. Bambang mengakui, banyak pemilih pemula yang masih belum melakukan perekaman hingga saat ini. ”Ada sekitar 80 persen pemilih pemula yang belum melakukan perekaman,” tukasnya.

Untuk meminimalisir angka itu, pihaknya berencana bakal melakukan perekaman e-KTP jemput bola di semua sekolah. Langkah ini diambil agar siswa lebih mudah melakukan perekaman. ”Bulan Maret nanti kita akan keliling ke sekolah-sekolah,” pungkas Bambang



(msd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif