alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Soekarwo Setujui Raperda Penanaman Modal

Lukman Hakim
Gubernur Soekarwo Setujui Raperda Penanaman Modal
Gubernur Jatim Soekarwo. Foto/dok

SURABAYA - Gubernur Jatim Soekarwo dalam sidang paripurna  di gedung DPRD Jatim Jalan Indrapura, menerima dan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penanaman Modal. Persetujuan tersebut disampaikan sembilan fraksi melalui pandangan umum fraksi.

Setelah menerima dan menyetujui Raperda tersebut, pimpinan DPRD Jatim bersama Soekarwo menandatangani keputusan persetujuan bersama terhadap Raperda Penanaman Modal. Raperda ini adalah aturan tentang ekonomi kerakyatan dalam suasana globalisasi, yang masih mempertimbangkan ekonomi kecil di dalam pembangunan ekonom di Jatim. “Menurut pendapat saya, Jatim sudah dalam jalur yang benar. Perda ini juga sebagai perlindungan investasi ekonomi kerakyatan atau usaha kecil,” katanya, Senin (11/2/2019).

Raperda ini, lanjutnya, tidak saja mengatur kemudahan perizinan, tapi juga pengembangan iklim penanaman modal. Antara lain, pemberdayaan usaha kecil dan menengah agar dapat bersaing ketat.



Untuk itu, upaya menarik investor tidak hanya dilakukan dengan percepatan pelayanan perizinan, tapi juga dengan promosi penanaman modal baik di dalam maupun luar negeri. “Selain itu, juga dilakukan pemberian insentif bagi penanam modal berupa pengurangan pajak dan retribusi daerah, serta pemberian bantuan modal bagi investor UMKM,” imbuh Soekarwo.

Dengan disetujuinya Raperda ini, orang nomor satu di Jatimini berharap akan memberikan daya dukung positif pertumbuhan, serta membuat iklim penanaman modal di Jatim. Dengan iklim penanaman modal yang positif, pertumbuhan ekonomi di Jatim akan positif. “Dan saya berharap, Jatim akan senantiasa dalam level tinggi pencapaian indeks penanaman modal secara nasional,” pungkasnya.



(msd)

loading...