alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Asyik, Wisata Ubalan Pacet Bakal Ditambah Wahana Lagi

Tritus Julan
Asyik, Wisata Ubalan Pacet Bakal Ditambah Wahana Lagi
Wisata air Ubalan di Kecamatan Pacet setelah dilakukan revitalisasi pertama. Lokasi ini bakal kembali dikembangkan dengan konsep water park dan wahana-wahana bermain baru. Foto/SINDONews/Tritus Julan

MOJOKERTO - Pemerintah Kabupaten Mojokerto berencana mengembangkan sejumlah lokasi wisata yang selama ini dikelola pemeirintah daerah. Salah satu yang menjadi bidikan pengembangan adalah wisata air Ubalan di Kecamatan Pacet.

Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi mengatakan, tahun ini pihaknya merencanakan pengembangan water park Ubalan yang sebelumnya juga sudah dilakukan revitalisasi. Lokasi wisata yang baru setahun ini dikelola Pemkab Mojokerto setelah puluhan tahun dikelola pihak swasta itu bakal kembali mendapatkan sentuhan.

Dikatakan, perencanaan pengembangan Ubalan menyusul adanya lahan yang bisa dimanfaatkan untuk memperluas lokasi wisata andalan ini. Menurutnya, ada lahan sekitar 1 hektar 200 meter persegi di bagian atas lokasi yang bisa dimanfaatkan. ”Kita akan libatkan konsultan yang pinter soal wahana. Akan ada wahana baru nanti,” terang Pungkasiadi kepada Sindonews.com.



Lahan yang bakal dibidik akan dikaji untuk dijadikan spot-spot wahana baru. Wahana baru ini untuk melengkapi spot-spot yang sudah ada saat ini. Pengembangan tersebut, lanjut Ipung- sapaan akrab Pungkasiadi- juga dari hasil mendengarkan kebutuhan masyarakat.

”Kita mendengarkan masukan dari masyarakat soal perlunya penambahan wahana. Nanti, dari hasil kajian ahli yang bener itu, akan kita lakukan. Ini (pengembangan) tinggal melanjutkan saja yang sudah ada,” tandasnya.

Ia memperkirakan, pengembangan Ubalan tak banyak memakan anggaran. Rencananya, anggaran itu akan diambil dari APBD tahun 2020. ”Kita rencanakan tahun ini dan dimulai dari APBD Perubahan. Hanya sedikit, sekitar Rp10 miliar sudah cukup,” tukasnya.

Lebih jauh Pungkasiadi mengatakan, Pemkab Mojokerto akan fokus untuk mengembangkan wisata yang sudah dimulai beberapa tahun lalu. Tak hanya di kawasan Kecamatan Trawas dan Pacet yang merupakan kawasan pegunungan, pengembangan wisata juga akan dilakukan di wilayah utara Sungai Brantas, yakni Kecamatan Dawarblandong, Jetis dan Kemlagi.

”Saya sudah melihat semua lokasi wisatanya, termasuk di Kecamatan Trawas. Ada beberapa yang memang perlu dikembangkan, termasuk area parkir di air terjun Coban Canggu. Semuanya (lokasi) wisata akan kita kembangkan nantinya,” pungkas Ipung.



(msd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif