alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bagi Para Pemula, Ini Cara Membuat Pesmol Ikan Nila

Diana Rafikasari
Bagi Para Pemula, Ini Cara Membuat Pesmol Ikan Nila
Pesmol Ikan Nila memiliki rasa lezat. Ini karena kaya bumbu dan dikombinasikan dengan daging ikan yang lembut. Menu ini pun juga bisa dibuat untuk pemula. Foto/Ist.

JAKARTA - Perpaduan lembutnya daging ikan Nila dengan beragam rempah, membuat menu Pesmol Ikan Nila semakin menggugah selera makan, dan sangat cocok untuk menu keluarga.

Nah, untuk lengkapnya, berikut resep membuat Pesmol Ikan Nila seperti dikutip dari akun Instagram @berbagiresep. Menu ini cocok untuk mereka yang baru belajar masak, tetapi ingin mendapatkan hasil masakan yang lezat untuk dihidangkan.

Bahan-bahan:
2 ekor ikan nila
1 buah jeruk nipis
10 buah cabe rawit utuh
2 buah cabe merah, iris
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
2 ruas lengkuas geprek
2 batang sereh geprek
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya
Air secukupnya



Bumbu halus:
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 ruas jari jahe
1 sdt ketumbar bubuk
3 butir kemiri
2 ruas jari kunyit

Cara membuat:
Lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan kurang lebih 15 menit. Goreng ikan dengan minyak yang agak banyak. Pastikan minyak dalam keadaan panas.

Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, daun salam, lengkuas dan sereh. Tumis hingga bumbu benar-benar matang. Beri air secukupnya. Tambahkan gula, garam, kaldu bubuk secukupnya.

Masukan cabai rawit dan cabai merah. Koreksi rasa. Masukan ikan. Aduk rata, biarkan bumbu meresap. Angkat. Pesmol ikan nila siap dihidangkan.



(eyt)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif