Khofifah-Emil Dardak Resmi Jadi Gubernur-Wakil Gubernur Jatim

Rabu, 13 Februari 2019 - 22:27 WIB
Khofifah-Emil Dardak Resmi Jadi Gubernur-Wakil Gubernur Jatim
Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019). Foto/Okezone
A A A
JAKARTA - Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di Istana Negara, Jakarta.

Selain itu, Kepala Negara juga melantik Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi definitif menggantikan Zumi Zola setelah kasusnya dinyatakan inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Pelantikan itu berdasarkan Keppres dengan Nomor 16/P/2019 dan Keppres Nomor 16/P/2019 tentang Pengesahan Penetapan Gubernur Jawa Timur dan Gubernur Jambi.

Sebelum dilantik, Khofifah-Emil dan Fachrori Umar terlebih dulu mengikuti kirab yang dipimpin langsung Presiden Jokowi. Kirab itu juga diikuti oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Kirab dilakukan dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara tempat berlangsungnya prosesi pelantikan. Para kepala daerah itu berjalan kaki dengan membawa surat petikan dari Kepala Negara.

Seusai pembacaan Keppres, Jokowi langsung mengambil sumpah jabatan kedua gubernur tersebut di atas Alquran yang dipegang oleh rohaniawan.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," ujar Jokowi yang diikuti kedua gubernur dan wakil gubernur tersebut, Rabu (13/2/2019).

Kemudian, acara pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan yang langsung dipimpin Jokowi.

Setelah itu, prosesi pelantikan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan diakhiri pemberian ucapan selamat oleh Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan tamu undangan.

Dalam pelantikan ini tampak hadir Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri ATR Sofyan Djalil, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Kemudian, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Ketum PPP Romahurmuziy, Ketua DPD Osman Sapta Odang, Ketum Nasdem Surya Paloh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, serta Menhub Budi Karya Sumadi.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8271 seconds (0.1#10.140)