alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tol Trans Jawa Cegah Jalan Umum Kelebihan Kapasitas

SINDONEWS
Tol Trans Jawa Cegah Jalan Umum Kelebihan Kapasitas
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memberikan keterangan pers disela-sela Rakernas Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) di Jakarta, Kamis (14/2/2019).Foto/Koran Sindo/Yulianto

JAKARTA - Jalan tol Trans Jawa menghubungkan Jakarta dan Surabaya, dibangun dengan tujuan mencegah jalan umum yang juga menghubungkan kedua kota mengalami kelebihan kapasitas.

Hal ini dikatakan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.  Menurut Budi, kelebihan kapasitas akan memberikan efek merugikan, yaitu semakin lamanya waktu tempuh di jalan umum.

"Satu waktu, kapasitas dari jalan kita yang biasa itu, akan tidak cukup lagi. Sekarang pun, sudah ditandai dengan waktu tempuh Jakarta - Surabaya (melalui jalan umum), mungkin lebih dari dua hari," ujar Budi.



Budi membeberkan hal ini  usai membuka Rakernas Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) di  Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Budi juga menyampaikan, waktu tempuh yang dipangkas melalui Trans Jawa akan membuat sebagian pengguna jalan memilih menggunakannya. Hal itu membuat jalan umum berkurang kepadatannya.

"Menggunakan jalan tol, waktu tempuhnya menjadi hanya 18 jam saja," ujar Budi.

Mantan Dirut PT Jakarta Propertindo ini menekankan, penggunaan jalan tol sejatinya juga merupakan pilihan bagi para pengguna jalan. Mereka tetap bisa menggunakan jalan umum, jika memang tidak ingin membayar tarif yang oleh sebagian kalangan dinilai terlalu tinggi.

"Menggunakan jalan tol adalah pilihan. Ada pilihan lain, yaitu menggunakan arteri biasa yang dibiayai pemerintah dan gratis itu," ujar Budi.



(vhs)

loading...
Berita Terkait