alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Beda Perhitungan, KPU Tulungagung Kekurangan Ribuan Surat Suara

Solichan Arif
Beda Perhitungan, KPU Tulungagung Kekurangan Ribuan Surat Suara
Proses penyortiran dan pelipatan surat suara di KPU Kabupaten Tulungagung. Foto/SINDOnews/Solichan Arif

TULUNGAGUNG - KPU Kabupaten Tulungagung mengalami kekurangan 5.245 surat suara. Kekurangan itu disebabkan adanya perbedaan penghitungan KPU Tulungagung dengan KPU RI.

"Dari jumlah yang diterima terjadi kekurangan 5.245 surat suara," ujar Mustofa selaku Komisioner KPU Tulungagung, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM.

Jumlah surat suara DPR RI yang diterima KPU Tulungagung sebanyak 869.622 lembar. Sementara yang dibutuhkan 871.371 lembar. Ada kekurangan 1.749 lembar.



Begitu juga dengan surat suara DPRD Provinsi Jatim, yang jumlahnya sama dengan DPR RI, serta DPRD Kabupaten Tulungagung. Menurut Mustofa juga terjadi kekurangan.

"Surat suara DPR RI dan DPRD Provinsi jumlahnya sama. Dan juga sama sama mengalami kekurangan. Begitu juga dengan DPRD tingkat dua," kata Mustofa.

KPU RI melakukan penghitungan surat suara secara global, yakni jumlah DPT ditambah dua persen untuk cadangan. Sementara KPU Kabupaten dan Kota melakukan rumus penghitungan di tiap TPS ditambah dua persen cadangan.

Akibatnya terjadi selisih kurang. Dicontohkan surat suara DPRD Kabupaten. Kebutuhan surat suara di Daerah Pemilihan (Dapil) I sebanyak 167.484 surat suara. Namun KPU hanya menerima 167.098 surat suara.

Kemudian di Dapil II. Dari kebutuhan 187.435 lembar surat suara, KPU hanya menerima kiriman 187.076 surat suara. Di Dapil III, dari kebutuhan 167.143 lembar suara, KPU Tulungagung hanya dipasok 166.806 lembar surat suara.

Dapil IV, dari kebutuhan 160.109 lembar surat suara hanya mendapat 159.815 surat suara. Dan Dapil V, dari kebutuhan 189.200 lembar surat suara, KPU Tulungagung hanya diberi 188.829 lembar surat suara.

"Saat ini kita tengah melakukan pengajuan kekurangan ke KPU RI," kata Mustofa. Sambil menunggu tambahan, yang dilakukan KPU Tulungagung adalah melakukan penyortiran sekaligus pelipatan surat suara.

Dengan menggandeng tenaga profesional, proses sortir dan pelipatan surat suara ditargetkan selesai dalam waktu 15 hari.

Mustofa juga mengatakan, untuk logistik Pilpres dan DPD belum datang. Kedatangan logistik diperkirakan akan berlangsung dua sampai lima hari lagi.

"Untuk logistik Pilpres dan DPD kita belum menerima. Diperkirakan dua sampai lima hari lagi akan datang," paparnya.



(eyt)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif