31 Jerigen BBM Selundupan Ditutupi Daun di Perbatasan Timor Leste

Kamis, 14 Februari 2019 - 20:19 WIB
31 Jerigen BBM Selundupan Ditutupi Daun di Perbatasan Timor Leste
Personel TNI kembali menggagalkan upaya penyelundupan ratusan liter bahan bakar minyak (BBM) di perbatasan epublik Demokratik Timor Leste. Foto/iNewsTV/Sefnat Besie
A A A
NAPAN - Sebanyak 31 jerigen berbagai jenis Bahan Bakar Minyak (BBM), ditemukan patroli TNI di wilayah perbatasan Indonesia, dengan Republik Demokratik Timor Leste.

Ratusan liter BBM tersebut, diduga akan diselundupkan ke wilayah Timor Leste. Namun, berhasil digagalkan oleh pasukan TNI yang berpatroli menjaga keamanan perbatasan.

Tumpukan jerigen BBM itu, disembunyikan di semak-semak di sekitar Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timur Tengah Utara (TTU), Provinsi NTT.

BBM dalam 31 jerigen berisi total 215 Liter dengan rincian, solar 90 liter, minyak tanah 30 liter, dan premium 95 liter.

Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Mayor Inf. Hendra Saputra menuturkan, lokasi temuan BBM ini merupakan jalur utama yang kerap dilalui pelaku penyelundupan.

"Patroli TNI terus melaksanakan pengintaian dan pengendapan. Lokasi di sekitar areal sektor kiri wilayah Pos Napan Bawah, Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten TTU, Provinsi NTT," ujarnya.

Selain sektor kiri Pos Napan, personel Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara juga menyisir arah rute sektor kiri tujuan area BSP 062/2008, dan BSP 064/2008 sebab arah tersebut juga merupakan daerah rawan.

Kuat dugaan para penyelundup akan memanfaatkan kelenggahan petugas untuk bisa menggeser BBM tersebut ke wilayah negara tetangga.

"Saat ini barang bukti berupa BBM dalam kemasan 31 buah jerigen telah diamankan sementara di Pos Napan, sesuai rencana akan dibawa ke Makosatgas," kata Hendra Saputra.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2108 seconds (0.1#10.140)