Empat Negara Amerika Latin Tawarkan Diri Jadi Tuan Ruma Piala Dunia 2030

Jum'at, 15 Februari 2019 - 15:08 WIB
Empat Negara Amerika Latin Tawarkan Diri Jadi Tuan Ruma Piala Dunia 2030
Empat negara dari Amerika Latin menawarkan diri menjadi tuan rumah pada perhelatan Piala Dunia 2030. Foto: Istimewa
A A A
CHILE - Ada 4 negara menawarkan diri untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada tahun 2030 mendatang. Keempat negara tersebut yakni Argentina, Chili, Paraguay dan Uruguay.

Mereka telah sepakat dan meluncurkan tawaran bersama untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Presiden Cile Sebastian Pinera mengumumkan langkah itu melalui media sosial pada hari Kamis, dengan Uruguay mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah turnamen untuk pertama kalinya sejak kompetisi perdana 1930.

Maroko, Spanyol, dan Portugal telah mengisyaratkan niat mereka untuk bersama-sama menjadi tuan rumah acara, seperti juga Yunani, Bulgaria, Serbia dan Rumania.

Namun kedua upaya itu akan menghadapi persaingan dari tawaran bersama Amerika Selatan setelah Pinera mengkonfirmasi pembicaraan sukses dengan para pemimpin regional lainnya.

"Presiden Republik Argentina, Mauricio Macri; dari republik Chili, Sebastian Pinera; dari republik Paraguay, Mario Abdo; dan dari republik oriental Uruguay, Tabare Vazquez; setuju untuk mengajukan pencalonan bersama mereka untuk mengorganisir 2030 Piala Dunia," tulis Pinera memposting di Twitter.

"Para presiden, melalui empat Asosiasi Sepak Bola masing-masing (AFA, ANFP, AFP dan AUF), memutuskan untuk naik ke FIFA, setelah mengkomunikasikannya ke CONMEBOL, posisi bersama untuk merayakan peringatan 100 tahun Piala Dunia pertama, yang diselenggarakan oleh Uruguay di 1930," lanjutnya.

"Beberapa bulan yang lalu saya melamar presiden Argentina, Uruguay, dan Paraguay untuk menggabungkan Chili, dan bersama-sama, melamar ke organisasi Piala Dunia FIFA 2030," katanya lagi.

"Proposal ini diterima oleh tiga negara dan oleh ANFP Chili. Setelah Piala Dunia 1962, Chili akan memiliki peluang baru," tukasnya.

Argentina terakhir menjadi tuan rumah Piala Dunia 1978, memenangkan turnamen di kandang, sementara acara belum pernah ke Paraguay.

Presiden FA Uruguay Uruguay Wilmar Valdez sebelumnya meminta tawaran bersama dengan Argentina untuk dibentuk.

Piala Dunia 2022 secara kontroversial akan diadakan di Qatar, dengan Amerika Serikat, Meksiko dan Kanada bekerja sama untuk menjadi tuan rumah empat tahun kemudian.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.3016 seconds (0.1#10.140)