Balde Quattrick, Persebaya Benamkan Persinga 8 Gol Tanpa Balas

Sabtu, 16 Februari 2019 - 18:50 WIB
Balde Quattrick, Persebaya Benamkan Persinga 8 Gol Tanpa Balas
Amido Balde berhasil melesakan empat gol dalam laga debutnya saat Persebaya Surabaya melawan Persinga Ngawi di Stadion Gelora Bung Tomo. Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Debut Amido Balde di Persebaya Surabaya berjalan mulus. Empat gol berhasil dilesakkan pemain berpaspor Portugal itu dan membawa Green Force unggul telak 8 gol tanpa balas saat menghadapi Persinga Ngawi di Stadion Gelora Bung Tomo, Sabtu (16/2/2018).

Gol-gol mantan penyerang Celtic FC itu tercipta di menit ke-1, 23, 48 dan 61. Empat gol lainnya berhasil disumbangkan Irfan Jaya di menit ke-13 dan 70, Manuchehr Jalilov di menit ke-79, dan Rendi Irwan di menit ke-90.

Sejak peluit dibunyikan, Persebaya langsung menekan dengan serangan sayap. Oktafianus Fernando yang dipercaya sebagai winger kiri memberikan umpan kepada Manuchehr Jalilov yang berdiri bebas di sisi kiri pertahanan Persinga. Pemain asal Tajikistan itu melepas umpan silang ke kotak penalti Persinga yang langsung disambar Amido Balde lewat sundulan keras.

Laga 32 besar Piala Indonesia yang berformat single match membuat Persebaya tak mau memberikan ruang bagi Persinga untuk berkembang. Terbukti, lewat serangan bertubi-tubi, Persebaya mampu menciptakan kemelut di depan gawang Persinga dan menambah keunggulan 2-0 di menit ke-13 setelah tendangan pisang Irfan Jaya gagal diselamatkan Junaidi, kiper Persinga.

Terus mendominasi permainan, Persebaya semakin di atas angin ketika Amido Balde kembali membuat para Bonekmania bersorak di menit ke-23 setelah tandukan kerasnya memanfaatkan umpan Fandi Eko Utomo berhasil merobek jala Persinga.

Skor 3-0 bertahan sampai turun minum. Memasuki babak kedua, Persebaya tetap memainkan tempo cepat dengan memaksimalkan peran Manuchehr Jalilov sebagai playmaker. Kehadiran pemain berdarah Tajikistan ini mampu memainkan tempo dan umpan kunci bagi para penyerang Persebaya.

Beberapa kali truepass yang diberikan menyulitkan barisan pertahanan Laskar Alas Ketonggo, julukan Persinga. Kerjasama apik antara Jalilov dan Fandi Eko Utomo berhasil dikonversi oleh Balde menjadi gol di menit ke-48 lewat tendangan kerasnya di sisi kiri pertahanan.

Permainan Persebaya pun semakin menawan. Kombinasi serangan dari sektor tengah dan sayap membuat barisan pertahanan Persinga kocar-kacir. Hasilnya, Irfan Jaya yang merangsek masuk ke jantung pertahanan Persinga dari sisi kanan lapangan mampu melepaskan umpan lambung terarah dan langsung disambar Balde dengan sundulan terarah di menit ke-61.

Belum sempat berbenah, gawang Persinga kembali dijebol Irfan Jaya di menit ke-70. Tak mau ketinggalan, Jalilov pun mampu menjebol gawang Persinga lewat sundulan kerasnya di menit ke-79. Dan gol pamungkas Persebaya dicetak Rendi Irwan di masa inury time mengenapkan keunggulan Persebaya menjadi 8-0.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1664 seconds (0.1#10.140)