Terjadi Purnama Super Snow Moon, Waspadai Rob Pesisir Pantai

Selasa, 19 Februari 2019 - 07:09 WIB
Terjadi Purnama Super Snow Moon, Waspadai Rob Pesisir Pantai
ilustrasi.
A A A
SEMARANG - Fenomena Super Snow Moon bakal terjadi Selasa (19/2/2019). Dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena ini akan berdampak pada pola pasang maksimum air laut di sejumlah daerah pesisir.

"Adanya fenomena Super Snow Moon di mana posisi bulan dan bumi berada pada perige atau jarak terdekat yang mempengaruhi pola pasang maksimum air laut di Indonesia," tulis petugas BMKG, dilansir dari akun Twitter @bmkg_semarang, Senin 18 Februari 2019.

Sejumlah daerah yang patut mewaspadai gelombang pasang air laut di antaranya, pesisir utara Jakarta, pesisir utara Jawa Barat, pesisir utara Jawa Tengah, pesisir utara Jawa Timur, dan pesisir Kalimantan Barat.

Hal ini berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas petani garam dan perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari fenomena tersebut serta memberhentikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," pungkasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5475 seconds (0.1#10.140)