Minum Jamun Yuk, Cara Mudah dan Murah untuk Cegah Penyakit

Rabu, 20 Februari 2019 - 05:37 WIB
Minum Jamun Yuk, Cara Mudah dan Murah untuk Cegah Penyakit
Minum jamu bisa menjadi cara untuk mencegah penyakit yang mudah dan murah. Namun, jenis jamu yang akan dikonsumsi pun harus diperhatikan karena risiko alergi. (indoindians)
A A A
SURABAYA - Jamu, sebagian besar masyarakat di Indonesia sudah mengetahuinya. Jamu dapat Meningkatkan kesehatan masyarakat melalui cara tradisional dan terbilang murah.

Selain karena sudah terbiasa dilakukan oleh masyarakat, juga dapat mencegah terjadinya penyakit.

Direktur Kesehatan Tradisional, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dr. Ina Rosalina, Sp.A(K) mengatakan, mencegah penyakit dengan cara tradisional bisa dilakukan dengan mudah dan murah. Ia menyebutkan cara tradisional itu di antaranya dengan minum jamu.

"Minum jamu adalah cara murah mencegah berbagai penyakit dan itu sudah biasa dilakukan oleh masyarakat," kata dr. Ina.

Namun tambah Ina, masyarakat juga perlu memperhatikan jenis jamu yang akan dikonsumsi sebab ada beberapa orang yang alergi dengan jenis jamu tertentu. Akibatnya, Ina mencontohkan, jika minum salah satu jenis jamu efek yang langsung dirasa adalah sakit perut.

Namun demikian, jamu merupakan bagian dari obat herbal. Intinya dengan mengonsumsi obat herbal dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Khasiat dengan sering mengonsumsi jamu adalah membantu revitalisasi tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat. Contohnya pegagan, jenis herbal itu dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga dapat mencegah kepikunan.

Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman herbal, bahkan bisa dipromosikan di skala internasional sebagai negara pemanfaat tanaman herbal untuk mencegah penyakit.

"Kita (Kemenkes) bekerja secara promotif preventif. Pencegahannya bisa dilakukan dengan mudah dan murah dengan cara tradisional dan terampil seperti minum jamu dan akupresur,'' kata dia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9274 seconds (0.1#10.140)