Curi Ratusan Juta di Ponpes, Mahasasiswi PTN di Malang Dicokok Polisi

Rabu, 20 Februari 2019 - 22:42 WIB
Curi Ratusan Juta di Ponpes, Mahasasiswi PTN di Malang Dicokok Polisi
Siska Zumrotul Fauziah, mahasiswi PTN di Malang yang jadi tersangka pencurian uang saat ditangkap petugas Polsek Singosari. (Foto: iNews.id/Saif Hajarani)
A A A
MALANG - Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Malang, Jawa Timur, Siska Zumrotul Fauziah ditangkap polisi karena diduga telah mencuri uang ratusan juta rupiah.

Aksi itu dilakukan di salah satu pondok pesantren (ponpes) di daerah tersebut.
Pelaku diketahui jadi buronan polisi sejak sepekan lalu setelah aksinya terekam kamera CCTV.

Belakangan diketahui, pelaku bersembunyi di Desa Selogabus, Kabupaten Tuban. Selain menangkap tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya sisa uang tunai sebesar Rp146,5 juta, ponsel, tas baru, masker, sandal, sepatu, motor, dan kartu ATM.

Kanitreskrim Polsek Singosari, Iptu Supriyono mengatakan, awalnya tersangka akan mencuri di pondok pesantren lain di kawasan Singosari, namun karena kesulitan akses masuk ke dalam ponpes tersangka beralih ke Ponpes Islahiyah.

Di dalam kantor administrasi, kata Supriyono, tersangka lalu mencari lokasi penyimpanan uang dan mengambil uang sebesar Rp213 juta. “Tersangka sempat membelanjakan uang curian untuk kebutuhan pribadi, seperti tas, baju, sepatu, serta transfer tunai,” katanya, Rabu (20/2/2019).

Selama di persembunyian, kata Supriyono, tersangka takut usai rekaman kamera pengawas pondok telah mengidentifikasi dirinya dan ramai di media sosial. Dia pun sempat mengirimkan kembali uang curian sebesar Rp146 juta dan membuang sebagian barang bukti.

“Dari hasil penyelidikan, tersangka sebelumnya sempat berurusan dengan polisi karena mencuri laptop di kawasan Sukun Kota Malang,” katanya.

Kepada penyidik, Siska mengaku menyesal telah mencuri uang di ponpes. “Menyesal. Uangnya saya pakai buat belanja,” ucapnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4685 seconds (0.1#10.140)