Warga Surabaya Kini Dapat Nikmati Perpustakaan Berbasis Digital

Kamis, 21 Februari 2019 - 16:11 WIB
Warga Surabaya Kini Dapat Nikmati Perpustakaan Berbasis Digital
Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi mengatakan, sejak tahun 2014, Surabaya sudah mencanangkan kota literasi.Foto/Ilustrasi
A A A
SURABAYA - Program Digital Integrated Library System (DILS) atau perpustakaan berbasis digital diluncurkan Pemkot Surabaya.

Melalui program ini, masyarakat bisa membaca dan mengakses berbagai literatur, koleksi perpustakaan Kota Surabaya. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi mengatakan, sejak tahun 2014, Surabaya sudah mencanangkan kota literasi. Karena itu koleksi buku dan layanan baca terus diperbanyak. Saat ini misalnya, Pemkot Surabaya sudah mengelola 461 Taman Baca Masyarakat (TBM) yang tersebar di berbagai kelurahan.

Jumlah ini belum termasuk dua perpustakaan daerah yang ada di Balai Pemuda dan Rungkut. Di luar itu, Pemkot Surabaya juga melakukan pendampingan terhadap 811 perpustakaan sekolah di SD, SMP dan madrasah.

“Nah, untuk mengelola banyaknya perpustakaan, dibutuhkan sistem yang mampu memonitor dan mengawasi petugas serta kegiatannya agar pelayanan perpustakaan lebih efektif dan efisien. Makanya, kami buat DILS ini,” katanya, Kamis (21/2/2019).

Musdiq mengurai, DILS merupakan sistem perpustakaan terintegrasi digital. Digunakan untuk mengelola data, terutama mengenai koleksi buku, e-book, maupun sumber referensi lain agar dapat diakses secara terbuka dan gratis oleh masyaraka. DILS ini dapat diakses melalui: http://dispusip.surabaya.go.id/dils.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2939 seconds (0.1#10.140)