HUT Kemerdekaan ke-75, India Bertekad Kirim Astronot ke Antariksa

Minggu, 19 Agustus 2018 - 10:14 WIB
HUT Kemerdekaan ke-75, India Bertekad Kirim Astronot ke Antariksa
India dikabarkan akan mengirim astronotnya ke luar angkasa di tahun 2022.FOTO/ Istimewa
A A A
NEW DELHI - - India dikabarkan akan mengirim astronotnya ke luar angkasa di tahun 2022. Misi tersebut pertama kali diungkap oleh Perdana Menteri Narendra Modi saat perayaan Hari Kemerdekaan India.

"Kami telah memutuskan bahwa pada 2022, ketika India berumur 75 tahun kemerdekaan, atau sebelum itu, seorang putra atau putri India akan pergi ke ruang angkasa dengan tricolor (bendera India) di tangan mereka," kata Modi dalam pidatonya disitat laman The Guardian (18/8/2018).

Ketua Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) kata Kailasavadivoo Sivan membenarkan mengenai rencana ini.
Para pilot dan kru yang disebut vyomanauts yang berasar dari bahawa Sansekerta vyom yang berarti ruang angkasa, akan menghabiskan setidaknya tujuh hari di luar angkasa.

"PM telah memberikan target 2022 dan itu adalah tugas kami untuk memenuhi itu," kata Sivan.

ISRO sendiri telah lama mengembangkan teknologi untuk penerbangan luar angkasa manusia. Sivan mengatakan bahwa misi itu pertama kali diusulkan hampir satu dekade lalu, namun sayangnya saat itu ekonomi dan roket India sedang mengalami kemunduran.

Jika misi ini berhasil, India akan jadi negara ke 4 yang menempatkan manusia di luar angkasa menggunakan program peswat laung angkasa nasionalnya sendiri.

Menurut laman aljazeera, Program luar angkasa India ini memiliki anggaran sekita $1,6 miliar yang lebih kecil 10% dibanding AS dan 15% lebih kecil dari Rusia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9168 seconds (0.1#10.140)