alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

28 Warga Gresik, Korban Miras Oplosan Masih Kritis

Aan Haryono
28 Warga Gresik, Korban Miras Oplosan Masih Kritis
Puluhan korban minuman keras (Miras) oplosan, menjalani perawatan intensif di Instalasi Rawat Darurat (IRD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo, Surabaya. Foto/SINDONews/Ali Masduki

SURABAYA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya, memastikan 28 korban minuman keras (Miras) oplosan asal Kabupaten Gresik, kondisinya masih kritis.

Warga Dusun Hulaan RT 15 RW 7, Desa Hulaan, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik tersebut, masih dirawat intensif di Instalasi Gawat Darurat (IRD) RSUD dr. Soetomo, Minggu (19/8/2018).

"Kami merawat 28 pasien keracunan miras berasal dari Gresik. Sementara tiga korban meninggal, masih berada di kamar jenazah," kata Kepala Humas dan PKRS RSUD Dr. Soetomo, dr Pesta Parulian ME SpAn.

Dia melanjutkan, para korban miras oplosan itu datang ke rumah sakit dengan gejala yang hampir sama, yakni sesak nafas, kesadaran menurun serta pengelihatan yang mulai kabur.  

"Kalau melihat tanda-tanda ketika para korban itu datang, mereka korban miras oplosan. Ada yang kondisinya memang sudah parah," ungkapnya..

Pesta juga menjelaskan, puluhan pasien miras oplosan dari Gresik itu rujukan dari RSUD  Bakti Dharma Husada (BDH) Surabaya. Pihaknya belum bisa memastikan kondisi pasien lainnya yang masih berdatangan.

"Pukul 03.30 WIB sudah ada rujukan awal yang kami terima. Setelah itu terus berdatangan pasien lainnya hingga total 28 pasien. Kondisi mereka memang masih sadar tapi sebagian juga ada yang kabur pandangannya, itu yang paling parah," ucapnya.

Dia juga mengatakan, dari 31 orang yang keracunan miras, dua orang meninggal saat dirawat di rumah sakit yang ada di Kabupaten Gresik. Sementara satu orang meninggal saat perjalanan dari RSUD BDH.

"Ada satu pasien miras oplosan yang meninggal dunia, saat dalam perjalanan karena kondisinya sudah kritis," jelasnya.

Hasil observasi terbaru, dijelaskannya, tim dokter di IRD menemukan lima pasien yang mengeluh pandangannya sudah kabur. Kalau pandangan sudah kabur, mereka kondisinya memburuk. "Tapi tidak semuanya. Jadi masih ada yang bisa melihat," ucapnya. Baca juga: Ini Kondisi Perawatan Korban Oplosan di IRD RSUD Dr. Soetomo



(eyt)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif