Kaos Bergambar Jokowi-KH Ma’ruf Amin Dibakar, TKD Jatim : Kami Tidak Terpancing

Rabu, 27 Februari 2019 - 12:44 WIB
Kaos Bergambar Jokowi-KH Ma’ruf Amin Dibakar, TKD Jatim : Kami Tidak Terpancing
Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim untuk pemenangan Jokowi- KH Ma’ruf Amin Machfud Arifin
A A A
SURABAYA - Beredar video pembakaran kaos bergambar pasangan capres-cawapres Joko Widodo- KH Ma’ruf Amin di media sosial group aplikasi chatting.

Peristiwa tersebut diduga terjadi tadi malam di Kabupaten Sampang, Madura. Tampak dalam video itu sejumlah pemuda menyobeki kaos bergambar pasangan nomor urut 01 itu di tengah jalan raya. Tak hanya disobeki, beberapa pemuda juga terlihat membakar kaos itu dan menginjak-injaknya.

Teriakan dan makian serta kata-kata kotor juga terdengar saat aksi pembakaran berlangsung. “Kami tidak terpancing untuk membalas dendam dengan tindakan anarkis serupa. Yang pasti, kami sangat menyesalkan aksi-aksi anarkis semacam itu. Tim sedang melihat opsi-opsi jalur hukumnya,” kata Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim untuk pemenangan Jokowi- KH Ma’ruf Amin Machfud Arifin, Rabu (27/2/2019).

Mantan Kapolda Jatim ini menilai, ada aksi pembakaran kaos Jokowi-KH Ma’ruf Amin di Kabupaten Sampang bukan pertanda di daerah tersebut basis Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Justru sebaliknya, daerah yang sebelumnya di kuasai pasangan nomor urut 02 itu kini berbalik mendukung Jokowi – KH Ma’ruf Amin.

“Aksi anarkis ini adalah gejala kemenangan Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf. Di pemetaan kami, sudah sangat terlihat migrasi suara tersebut, terutama di Bangkalan dan Sampang. Dan, sekarang menjalar ke Sumenep dan Pamekasan,” ujarnya.

Adanya perpindahan suara dukungan ini, lanjut dia, diduga menjadi penyebab dari aksi anarkis tersebut. Diduga ada sejumlah pihak yang tidak terima jika ada perpindahan suara ke Jokowi.

Sehingga, mereka melakukan tindakan yang tidak beretika. “Ada potensi suara Pak Prabowo tergerus besar-besaran di Madura. Ada semacam ketakutan kalah, lalu membikin tindakan anarkis. Dengan adanya kejadian itu (tindakan anarkis), kami justru semangat memenangkan Jokowi,” tandasnya.

Ketua Penggalangan dan Relawan Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi Jatim, Hendro Tri Subiyantoro mengaku belum mengetahui adanya peristiwa pembakaran tersebut. Sehingga, belum ada sikap yang bisa diambil. “Kami akan cek dulu. Sejauh ini belum ada laporang yang masuk (terkait perisitwa pembakaran kaos bergambar Jokowi – KH Ma’ruf Amin,” katanya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6986 seconds (0.1#10.140)