Gucci Rebut Gelar Merek Terpopuler

Kamis, 28 Februari 2019 - 08:28 WIB
Gucci Rebut Gelar Merek Terpopuler
Gucci Merebut Gelar Merek Terpopuler di Dunia. (Istimewa).
A A A
JAKARTA - Merek terkena yakni Gucci berhasil merebut gelar sebagai merek paling populer di dunia dari Off-White dalam The Lyst Index 2018.

Berdasarkan laporan Lyst, sebanyak 6 juta konsumen mencari tas, sabuk, atau sepatu bermerek Gucci mulai Oktober hingga Desember tahun lalu. Tas klasik Gucci Soho Disco dan sabuk logo menjadi produk yang paling banyak diburu.

Merek rancangan asal Italia itu telah berada di puncak pencarian sejak tahun lalu. Lyst bahkan menyatakan produk Gucci sangat laris manis hingga mengalahkan produk lain beberapa kali lipat. “Aksesori coveted Gucci dua kali lipat lebih banyak dicari bila dibandingkan dengan 8 produk teratas,” ungkap Lyst seperti dikutip independen.co.uk.

Salah satu kunci sukses Gucci adalah tidak pernah berhenti berinovasi. Tahun lalu mereka merilis sneaker yang dihiasi batu permata bernama Journey Embelish Sneaker. Batu itu terletak pada strap yang melilit sneaker. Sepatu yang tersedia dalam beragam pilihan warna itu dibanderol hingga USD159.

Adapun Off-White yang memegang gelar merek paling populer di dunia selama Oktober hingga Desember 2017 kini tergeser ke urutan kedua. Di posisi ketiga terdapat Balenciaga yang mengalami kenaikan popularitas di media sosial setelah produknya dikenakan Michael Obama, istri mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Penunjukan Riccardo Tisci sebagai pemimpin di Burberry juga terbukti memberikan hasil yang positif. Merek tersebut naik ke posisi ke-10 dalam The Lyst Index 2018 dari posisi ke-14. Merek asal Inggris itu juga mengalami kenaikan setelah iklan yang digelar selama musim liburan berjalan dengan lancar. Mereka sedikitnya mendapatkan sekitar 17,5 juta kali mention di media sosial dalam jangka waktu tiga bulan.

Menurut Lyst, alas kaki masih menjadi produk fashion yang paling banyak dicari konsumen. Sejumlah merek sepatu juga mendominasi jajaran 10 besar. Efek Meghan Markle juga membantu sneaker Veja memuncaki peringkat. Jumlah pencarian yang dihasilkan berkat pengaruh Duchess of Sussex itu terhadap Veja meningkat sebesar 113%.

Meski rancangan dan kolaborasi merek baru banyak bermunculan pada 2018, para konsumen tetap lebih memilih produk istimewa yang unik, langka, dan bernilai tinggi. Dr Martens juga terbukti mencatat rekor yang konsisten dan bagus. Pada kuartal terakhir, Dr Martens mengalami kenaikan pencarian sebesar 110%.

“Bagaimanapun produk signature seperti aksesori Gucci dan Saint Laurent Monogram Envelope yang berhasil mencuri perhatian konsumen tetap tidak dapat diganggu gugat. Mereka memiliki tempat dan status sosial yang tinggi,” ungkap Lyst.

Lyst mengurutkan merek berdasarkan tingkat popularitas yang dianalisis melalui jumlah aktivitas belanja online. Lebih dari 5 juta konsumen telah berinteraksi dengan 12.000 merek di Lyst. Mereka juga menimbang hal lain seperti pencarian, browsing, dan pembelian.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7797 seconds (0.1#10.140)