Terima Tim BPK, Lantamal V Siap Jalani Pengawasan dan Pemeriksaan

Kamis, 28 Februari 2019 - 16:03 WIB
Terima Tim BPK, Lantamal V Siap Jalani Pengawasan dan Pemeriksaan
Danlantamal V Laksamana Pertama TNI Edwin menerima Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kamis (28/2/2019).Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Komandan Pangkalan Utama TNI AL V (Danlantamal V) Laksamana Pertama TNI Edwin menerima Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Kamis (28/2/2019).

Lantamal V pun siap menjalani pengawasan dan pemeriksaan. Pembukaan pelaksanaan Wasrik BPK yang digelar di Rupat Mako Lantamal V ini dipimpin Ketua Tim Wasrik Agung Setiyo Utomo.

Hadir dalam acara tersebut Wadan Lantamal V Kolonel (Mar) CTO Sinaga, Para Asisten Danlantamal V, dan para Kadis/Kasatker dijajaran Lantamal V.

Menurut Danlantamal V, kegiatan Wasrik BPK yang dilaksanakan ini, pada hakekatnya merupakan implementasi dari penyelenggaraan salah satu komponen sistem manajemen yaitu pemeriksaan atas laporan keuangan Kemhan dan TNI TA 2018 di lingkungan TNI AL .

Pemeriksaan lanjut Edwin -sapaan akrab Danlantamal V ini- dititikberatkan kepada kesesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP), kecukupan pengungkapan (adequate disclozures), kepatuhan terhadap perundang-undangan dan efektifitas Sistem Pengendalian Intern(SPI).

Pelaksanaan pemeriksaan BPK ini, nantinya diharapkan selain dapat diketahui sejauh mana pencapaian sasaran efisiensi dan efektifitas kegiatan yang telah dilaksanakan.

Untuk itu sudah seharusnya kegiatan Wasrik ini diselenggarakan secara rutin dijajaran instansi manapun, agar memberikan data dan penjelasan yang akurat, up to date dan transparan guna mendukung kelancaran tugas tim pemeriksa BPK RI.

Ia menekankan kepada jajarannya, apabila ada hal-hal yang kurang dimengerti janganlah ragu-ragu untuk bertanya demi kepentingan bersama.

"Kepada tim pemeriksa BPK RI, Ia juga berharap apabila nantinya di dalam pemeriksaan di jumpai adanya temuan-temuan agar di koordinasikan, sehingga dapat diperbaiki dan disempurnakan untuk tugas Lantamal V menjadi lebih baik di masa yang akan datang," pungkasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4196 seconds (0.1#10.140)