Polda Jatim OTT di Satpas Polres Kediri, Diduga Terkait Suap SIM

Senin, 20 Agustus 2018 - 14:44 WIB
Polda Jatim OTT di Satpas Polres Kediri, Diduga Terkait Suap SIM
Polda Jatim OTT di Satpas Polres Kediri, Diduga Terkait Suap SIM
A A A
SURABAYA - Tim dari Polda Jatim, melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) Polres Kediri.

Penindakan itu, dilakukan Sabtu (18/8/2018). Diduga, terkait adanya kasus suap, dan pungutan liar (Pungli) dalam pengurusan SIM. Di mana, setiap pemohon SIM, dikenakan biaya di luar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Nilai punglinya bervariatif, mukai dari Rp500-650 ribu per orang. Bergantung pada jenis SIM yang sedang diurus. Penarikan pungli ini, dilakukan oleh para calo, yang jumlahnya lima orang.

Aksi para calo ini, diduga kuat bekerjasama dengan para petugas di Satpas SIM Polres Kediri. Bahkan, setoran dari hasil pungli pengurusan SIM ini, diduga mengalir ke pejabat-pejabat di lingkungan Polres Kediri. Nilainya, bisa mencapai puluhan juta per minggu. Tim dari Polda Jatim, melakukan penyitaan terhadap sejumlah barang bukti, dan meminta keterangan para petugas Satpas SIM Polres Kediri.Saat dikonfirmasi Sindonews. Kepala Divisi Humas Polda Jatim, Kombes Pol. Frans Barung Mangera, membenarkan kejadian ini. "Benar," jawabnya singkat, melalui pesan Whatsapps
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9786 seconds (0.1#10.140)