Air Terjun Coban Putri, Pemandian Bertingkat untuk Permaisuri

Sabtu, 02 Maret 2019 - 09:48 WIB
Air Terjun Coban Putri, Pemandian Bertingkat untuk Permaisuri
Coban Putri jadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Instagram)
A A A
MALANG - Salah satu objek wisata yang paling dicari wisatawan setelah pantai, adalah air terjun dan Indonesia memiliki berbagai air terjun eksotis.

Salah satunya di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Di sini terdapat air terjun bertingkat yang bernama Coban Putri. Konon, air terjun ini dulu pernah menjadi tempat pemandian favorit Putri Ken Dedes (Permaisuri Ken Arok, Raja Singosari).

Coban Putri memiliki dua air terjun dalam satu lokasi. Bentuknya seperti bertingkat, tingkat paling bawah memang dibangun untuk mengatasi debit air yang turun. Air terjun ini memiliki ketinggian 20 meter, sehingga ketika Anda berada di depannya akan merasakan hempasan air yang segar.

"Jika di Bogor mempunyai air terjun yang disebut curug, di Kota Batu Malang memiliki coban. Berbeda dengan air terjun kebanyakan, Coban Putri berada di antara lembah dan bawah perbukitan. Tentu, keindahannya tidak perlu diragukan lagi. Meskipun tersembunyi di tengah hutan Batu, lokasinya tetap Instagramable. Jalan menuju air terjun cukup terjal, namun fasilitasnya lengkap. Konon, air terjun ini menjadi pemandian tersembunyi Ken Dedes, permaisuri Kerajaan Singosari. Penasaran dengan pemandian rahasia Ken Dedes ini?" tulis Instagram @pesonaid_travel, Rabu (27/2/2019).

Coban Putri memiliki air yang jernih dan segar. Anda wajib merasakan dinginnya air dengan berenang di sekitar kolam. Air terjun ini berada di antara lembah dan perbukitan. Tidak heran jika alam yang disajikan begitu indah.

Berada di sini, traveler dapat berburu spot foto Instagramable. Anda dapat berfoto di gardu pandang berbentuk tangan raksasa. Memang mirip dengan yang berada di Hutan Pinus Pengger, DI Yogyakarta.

Berada di gardu pandang ini, traveler dapat melihat keindahan alam pegunungan dan perbukitan yang memeson. Ini menjadi spot paling diincar traveler.

Selain itu, ada juga gardu pandang berbentuk bintang yang terbuat dari kayu. Ketika kabut mulai turun, pemandangan di sini terlihat eksotis. Jangan lewatkan pula berfoto di air terjun, jembatan, hingga ayunan.

Untuk masuk dalam tempat wisata Coban Putri, Anda hanya membayar tiket masuk sebesar Rp8.000 per orang. Ditambah dengan biaya parkir sebesar Rp3.000 untuk sepeda motor.

Perjalanan ke lokasi ini terbilang cukup mudah. Anda bisa melalui Kota Malang. Ambil jalur menuju ke Arah BNS atau Predator Fun Park. Nanti Anda akan bertemu dengan petunjuk arah ke objek Wisata Coban Putri dan Coban Rais.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8615 seconds (0.1#10.140)