alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Inilah Barisan Motor Harley-Davidson di Bawah 300cc

Wahyu Budi Santoso
Inilah Barisan Motor Harley-Davidson di Bawah 300cc
Harley-Davidson Sprint 250. FOTO/ Ist

NEW YORK - Ada kabar muncul menyebutkan bahwa pabrikan Harley-Davidson (HD) akan meluncurkan motor dengan varian mesin kecil yakni 250cc.

Hal ini sebenarnya bukan yang pertama bagi HD, pasalnya HD sejak tahu 1960an memang telah memproduksi mesin berkapasitas mesin kecil.

Harley-Davidson adalah merek yang identik dengan V-twins besar akhirnya siap merubah model mesinnya. Bahkan HD telah melepas gambar motor dengan mesin kecil model silender tunggal untuk pasar Asia. Gambar tersebut bahkan ditayangkan salah satu media otomotif di Jepang yakni Young Machine Jepang. BACA JUGA: Honda Terlangka di Dunia Siap Diproduksi Lagi, Berlabel ExMotion



Senior Vice President and Chief Operating Officer Michelle Kumbier mengatakan jika ini merupakan hal yang belum pernah mereka buat sebelumnya.

“Ini sangat berbeda bagi kami untuk hanya cari sensasi dan memberi tahu Anda segala sesuatu yang akan kami lakukan selama lima tahun ke depan. Ini bukan apa yang telah kami lakukan, tetapi kami sangat bersemangat pada arah yang akan dituju,” ucapnya.

HD mengincar pasar Asia lewat motor-motor bermesin kecil di rentang 250-500cc. Selama ini, pabrikan asal Amerika tersebut mulai merasakan kesuksesan pasar motor menengah dengan Street 500 dan Street 750 di Asia.

Tak ketinggalan, proyek motor ramah lingkungan HD LiveWire juga disiapkan untuk menemani produk-produk sepeda listrik HD yang juga tengah disiapkan.

HD Sendiri sejatinya punya beberapa variann bermesin kecil, sejak zaman dahulu, ternyata produsen ini juga pernah membuat beraneka motor-motor kecil alias mocil.

Produksi dari mocil ini didasari oleh berbagai faktor. Antara lain, tingginya permintaan mengenai motor yang mudah dikendarai dan nyaman bagi pemula. Belum lagi gempuran dari pabrikan Jepang yang mulai menggurita.

Harley-Davidson pernah punya S-125, Motor ini dirilis pada tahun 1948 di mana banyaknya permintaan sepeda motor untuk para pemula. Tak sampai disitu Harley-Davidson pernah memperkenalkan MC-65 Shortster Motor ini mungkin adalah musuh bebuyutan dari hinda Groom dan Honda Monkey yang mengusung desain sama-sama mungil.

Dan Harley-Davidson Sprint 250, varian yang diproduksi Pada tahun 1960, HD pernah membeli perusahaan kecil asal Italia, Aermacchi, dan melahirkan produk ini.



(vhs)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif