alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Bhayangkari Cabang Malang, Bagikan 100 Akta Kelahiran Gratis

Yuswantoro
Bhayangkari Cabang Malang, Bagikan 100 Akta Kelahiran Gratis
Ketua Bhayangkari Cabang Malang, Ny. Tika Yade Setiawan Ujung, menyerahkan akta kelahiran gratis untuk 100 anak di Kabupaten Malang. Foto/Ist.

MALANG - Memiliki akta kelahiran, merupakan hak bagi setiap warga negara, tanpa terkecuali bagi anak-anak. Tidak melihat anak itu dari keluarga kaya, atau miskin.
  
Melihat pentingnya keberadaan akta kelahiran, Bhayangkari Cabang Malang, menggelar program peduli terhadap hak sipil.

Yakni, dengan menguruskan akta lahir untuk anak-anak secara gratis. Ada sebanyak 100 akta lahir, yang diberikan secara gratis bagi anak-anak di Kabupaten Malang.

Ketua Bhayangkari Cabang Malang, Ny. Tika Yade Setiawan Ujung menyebutkan, kegiatan sosial peduli hak sipil ini, dilaksanakan sebagai salah satu bentuk peringatan Hari Kesatuan Gerak ke-66 Bhayangkari.

"Kita lakukan terobosan, dengan menyerahkan akta lahir untuk 100 anak di wilayah Kabupaten Malang, yang selama ini belum memiliki akta lahir," tuturnya.

Program sosial ini, dilaksanakan Bhayangkari Cabang Malang, dengan dukungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Malang.

"Akta lahir yang diserahkan ini, sudah mulai diurus sekitar dua bulan lalu, bekerjasama dengan Dispendukcapil Kabupaten Malang, serta Binmas Polres Malang. Akte lahir sangat penting sebagai identitas seseorang," tutur Tika.

Dia berharap, dengan adanya pembuatan akta gratis ini, dapat membantu hak anak secara hukum terkait persoalan identitas. Adanya akta lahir, juga sangat dibutuhkan anak saat menempuh pendidikan formal, hingga kelak bekerja, dan berkeluarga.

Bakti sosial yang dilakukan Bhayangkari Cabang Malang ini, juga sebagai salah satu upaya perlindungan anak, sesuai dengan UU No.35/2002 yang mengharuskan anak-anak memiliki akta lahir sejak kelahirannya.



(eyt)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif