Dua Kecamatan di Kabupaten Ngawi Terendam Banjir

Rabu, 06 Maret 2019 - 20:19 WIB
Dua Kecamatan di Kabupaten Ngawi Terendam Banjir
Dua Kecamatan di Kabupaten Ngawi Terendam Banjir
A A A
NGAWI - Ada beberapa kawasan di dua kecamatan di Kabupaten Ngawi, terendam banjir akibat meluapnya Sungai Madiun setelah hujan deras sepanjang Selasa 5 Maret 2019 malam.

Titik terparah yang tergenang air sejak Rabu (6/3/2019) pagi adalah Desa Waruk Tengah, Kecamatan Pangkur, Kabupaten Ngawi.

Banjir sudah mulai menggenangi desa ini sejak dini hari dan ketinggianya semakin meningkat pada siang harinya. Aktivitas warga sudah mulai terganggu, terutama anak sekolah karena ketinggian air yang menggenang permukiman warga sudah berada di atas 1 meter.

Warga yang rumahnya berbatasan langsung dengan Sungai Madiun terpaksa dievakuasi karena diperkirakan ketinggian air akan terus meningkat, karena bagian hulu sungai yang berada di wilayah Madiun sudah banjir.

Ada dua kecamatan di Kabupaten Ngawi yang terdampak akibat meluapnya Sungai Madiun, yaitu Kecamatan Pangkur dan Kwadungan. Warga di wilayah ini dalam kondisi siaga menghadapi banjir kiriman dari Madiun, Ponorogo, dan Magetan yang sejak Selasa malam diguyur hujan ektrem.

Menurut Kepala Desa Waruk Tengah, Suyanto, prioritas yang kini dilakukan selain memantau ketinggian air adalah mengevakuasi warga, terutama anak anak dan lansia yang rumahnya berada di DAS Sungai Madiun.

BPBD Kabupaten Ngawi merilis hingga Rabu siang setidaknya ada 10 desa di dua kecamatan yang sudah mulai tergenang air akibat meluapnya Sungai Madiun. Dimungkinkan air akan meningkat hingga memperluas jangkauan banjir pada sore harinya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4115 seconds (0.1#10.140)