Layanan Jemput Bola e-KTP Diminati Siswa Sekolah

Selasa, 21 Agustus 2018 - 19:10 WIB
Layanan Jemput Bola e-KTP Diminati Siswa Sekolah
sejumlah pelajar melakukan perekaman e-KTP. Foto/SINDONews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Layanan jemput bola (jebol) perekaman e-KTP yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya diminati para siswa di sekolah.

Para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) usia 16 dan 17 tahun rela antre untuk bisa mendapatkan e-KTP. "Proses perekaman e-KTP di sekolah-sekolah berjalan lancar dan mendapat respon positif dari pelajar,” kata Pelaksana Perekaman e-KTP Dispendukcapil Kota Surabaya, Indra Dwi Wahyono, Selasa, (21/8/2018).

Ia melanjutkan, perekaman e-KTP di sekolah-sekolah penting dilakukan. Sebab, KTP merupakan hak setiap warga dan kebutuhan mereka untuk mengurus administrasi lainnya. “Misalnya mengurus SIM atau melamar kerja,” ujarnya.

Perekaman E-KTP menggunakan layanan jemput bola ini, katanya, dilakukan secara bergantian di empat sekolah seperti SMAN 19, SMAN 18, SMAN 5 dan SMAN Muhammadiyah 2 Surabaya. Dari keempat sekolah yang sudah didatangi pihak Dispenduk, Indra menuturkan total jumlah pelajar yang sudah melakukan perekaman E-KTP sebanyak 255 siswa. “Rinciannya, SMA 19 sebanyak 107 siswa, SMA 18 sebanyak 57 siswa, SMAN 5 sebanyak 48 siswa dan SMAN Muhammadiyah sebesar 43 siswa,” ucapnya.

Nantinya, apabila cetakan e-KTP sudah selesai, para pelajar SMA bisa mengambil di kantor Dispendukcapil atau kecamatan terdekat. Dispendukcapil juga terus melakukan perekaman e-KTP di sekolah-sekolah. Tujuannya, mengurangi lonjakan antrean di kantor dispendukcapil. “Selain sekolah, layanan jemput bola juga dilakukan di beberapa tempat seperti liponsos keputih dan rumah tahanan,” terangnya.

Layanan jemput bola yang dilakukan pertama kali di sekolah mendapat respon positif dari salah satu pelajar SMA Muhammadiyah 2 Surabaya, Elvira Devanti. Siswi kelas XII IPS itu mengaku senang dengan terobosan semacam ini. “Kalau begini enak, nggak ketinggalan pelajaran apalagi sampai bolos sekolah,” katanya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5132 seconds (0.1#10.140)