Pelesetkan Mars ABRI, Dosen UNJ Robertus Robert Dicokok Polisi

Kamis, 07 Maret 2019 - 09:09 WIB
Pelesetkan Mars ABRI, Dosen UNJ Robertus Robert Dicokok Polisi
Dosen Sosiologi UNJ, Robertus Robert.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Dosen Sosiologi Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Robertus Robert dikabarkan diciduk polisi pada Kamis (7/3/2019), dini hari.

Robert yang juga aktivis hak asasi manusia (HAM) itu dibawa polisi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Kabar penangkapan Robert dibenarkan oleh rekannya yang merupakan peneliti Indonesian Legal Rountable (ILR), Erwin Natosmal Oemar. Kata Erwin, dirinya sedang berada di Mabes Polri untuk mendampingi Robert sebagai kuasa hukumnya.

"Betul (Robertus Robert ditangkap-red). Saya (sebagai) kuasa ?hukum. (Robert diamankan) di Mabes Polri," ujar Erwin saat dikonfirmasi.
Pelesetkan Mars ABRI, Dosen UNJ Robertus Robert Dicokok Polisi


Robert diringkus polisi dari kediamannya di kawasan Depok, Jawa Barat. Pria berkacamata yang dikenal lantang menyuarakan demokrasi dan penegakan HAM itu diamankan sekira pukul 00.00 WIB dan langsung digelandang ke Mabes Polri.

"(Diamankan jam) 12 malam. Di rumahnya. Saat ini (Robert) sedang diperiksa," kata dia.

Sebelumnya, beredar video Robertus Robert secara terang-terangan mengubah lirik lagu Mars Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) di depan khalayak umum saat berorasi di depan Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Aksinya yang mempelesetkan lirik mars ABRI dengan kalimat yang mengandung ujaran kebencian (hate speech) itu lantas menuai banyak kecaman.

Berikut lirik asli Mars ABRI yang populer di tahun 1980-an:

Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

Siap Sedia

Mempertahankan

Menyelamatkan

Negara Republik Indonesia

Kemudian liriknya dipelesetkan oleh Robert menjadi :

Angkatan Bersenjata Republik Indonesia

Tidak Berguna

Bubarkan Saja

Ganti Pramuka
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0702 seconds (0.1#10.140)