Puncak HPSN, Bupati Irsyad Yusuf Ajak Masyarakat Punguti Sampah

Minggu, 10 Maret 2019 - 16:42 WIB
Puncak HPSN, Bupati Irsyad Yusuf Ajak Masyarakat Punguti Sampah
Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf menarik gerobak di sela puncak HPSN di Pasuruan. Foto/ist
A A A
PASURUAN - Pemerintah Kabupaten Pasuruan memaknai Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019 ini dengan cara yang berbeda.

Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf berbaur dengan ratusan warga Kecamatan Sukorejo, Sabtu (09/03/2019) pagi memungut sampah plus membersihkan rumput dan gulma di sekitar Pasar Sukorejo.

Tak hanya itu saja, Bupati Irsyad juga meresmikan Program SDSB (Satu Desa Satu Bank Sampah) di TPS-3R Desa Glagahsari. Dimana di lokasi tersebut juga dilakukan penanaman bibit pohon matoa yang menjadi icon buah Kecamatan Sukorejo, meresmikan “Si Resik” sebutan untuk kantor induk TPS 3R, plus melepas ribuan benih ikan nila ke sungai yang dekat dengan lokasi peresmian.

Dalam sambutannya, Bupati Irsyad mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut peduli akan sampah. Artinya, bisa memahami akan pentingnya melakukan banyak kegiatan yang selain mengurangi timbunan sampah, juga menangani sampah yang ada.

“Saya harapkan kegiatan pungut sampah ini terus dapat ditindaklanjuti. Termasuk lembaga pendidikan. Semua pihak harus peduli dengan sampah, karena kalau tidak, maka polusi dimana-mana, mulai dari polusi udara yang disebabkan sampah,” terangnya.

Khusus untuk pengelolaan sampah telah dituangkan dalam Peraturan Bupati Nomor 40 tahun 2018 tentang Kebijakan Strategi Kabupaten Pasuruan (Jakstrada) pengelolaan sampah dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Yakni pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70%. Kata Irsyad, kedua hal tersebut harus konsisten dilakukan agar volume sampah semakin berkurang.

“Sampah ini bukan urusan individu, pemerintah atau siapa. Tapi menjadi tanggung jawab kita semua. Mari kita bangun kesadaran bersama untuk pelembagaan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah,” jelas dia.

Sementara itu, sebelum aksi pungut sampah, terlebih dahulu digelar Apel HPSN yang dipimpin langsung oleh Bupati Irsyad Yusuf. Sedangkan pesertanya berasal dari berbagai unsur, mulai dari PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia), Laskar Maslahat, pelajarSMP/SMA, ASN, hingga pegiat lingkungan.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5906 seconds (0.1#10.140)