Emil Tekankan Pentingnya Energi Terbarukan

Kamis, 14 Maret 2019 - 13:39 WIB
Emil Tekankan Pentingnya Energi Terbarukan
Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menyebut selain teknologi, kerangka kebijakan yang mendukung atas pemberlakuan renewable energy atau energi terbarukan juga perlu dirancang dengan baik. Foto/Dok
A A A
SURABAYA - Renewable energy atau energi terbarukan sangat penting untuk kehidupan saat ini dan masa mendatang, termasuk antisipasi krisis energi secara nasional khususnya di Jatim.

“Cepat atau lambat keberadaan renewable energy akan kita butuhkan, karenanya dalam waktu dekat kami akan mencoba beradaptasi dan mengadopsi berbagai teknologi yang ada,” ungkap Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak saat membuka Workshop “Green Is Great Renewable Energy For Industry and Beyond” di Hotel JW Marriot, Surabaya, Kamis (14/3/2019).

Mantan bupati Trenggalek ini menambahkan, selain teknologi kerangka kebijakan yang mendukung atas pemberlakuan renewable energy, juga perlu dirancang dengan baik.

Melalui kebijakan yang tepat maka akan mudah memperkenalkan dan mengimplementasikan renewable energy. “Tentunya kami akan memberi perhatian lebih pada implementasinya, dan melibatkan tim yang memiliki background tentang teknologi renewable energy,” terangnya.

Analisa yang akan dilakukan, lanjut dia, uga mencakup sumber energi apa saja yang sudah ada, power, serta kebutuhan biaya yang diperlukan.Terkait pengalaman di bidang renewable energy, Wagub Emil menceritakan bahwa dirinya saat bergabung di World Bank Officer pada tahun 2006 melakukan pengenalan serta promosi renewable energy.

Selain itu, juga membuat perbandingan antara renewable energy dengan energi konvensional seperti batu bara, minyak dan gas alam. “Kami percaya energi yang dihasilkan dari renewable energy bisa kita implementasikan di berbagai sektor baik pemerintahan maupaun bisnis,” ungkapnya

Emil berharap kolaborasi bisa dilakukan dalam pemanfaatan renewable energy. Selain itu, juga saling mengkampanyekan kepada masyarakat secara kreatif dan informatif atas pentingnya renewable energy. Dengan demikian, akan tercipta masyarakat yang lebih menghargai untuk menciptakan energi yang bersih atau green energy.

“Saya harap kegiatan ini bisa menghasilkan kerjasama yang saling menguntungkan baik di sisi pemerintah maupun investor agar ekonomi di Jatim semakin berjalan baik,” pungkasnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8213 seconds (0.1#10.140)