Katimun, Penyebar Ajaran Kiamat di Ponorogo

Sabtu, 16 Maret 2019 - 07:15 WIB
Katimun, Penyebar Ajaran Kiamat di Ponorogo
Katimun.Foto/SINDOnews/Ahmad S.
A A A
PONOROGO - Katimun, warga asal Kabupaten Ponorogodiduga sebagai penyebar ajaran kiamat sudah dekat. Dia mengajak pengikutnya untuk berlindung ke Kabupaten Malang agar selamat.

Katimun merupakan pengajar di Pesantren Jam’iyah Ahlith Thoriqoh Akmaliyah Ash Sholahiyah di Kecamatan Watubonang, Kabupaten Ponorogo. Dia kerap menggelar pengajian dan ceramah, bahkan pengikutnya diajarkan zikir serta kesiapan dalam menghadapi kiamat.

Di antaranya, warga diminta untuk hijrah atau eksodus ke Kabupaten Malang. Lalu, mereka harus memasang foto gurunya (Katimun) di rumah mereka agar lebih tahan gempa, serta menjual semua aset, harta benda dan ternak untuk biaya hidup selama eksodus ke daerah tersebut.

Sekitar 500 orang warga asal Kabupaten Ponorogo dan Wonogiri, Jatim diduga menjadi korban ajaran seorang warga yang dikenal Katimun. Prinsip ajarannya, "Mulyo Sugih Ampuh asal Sendiko Dawuh" (Menjadi terhormat kaya hebat jika patuh pada perintah).

Sebelumnya ajaran berlindung dari kiamat di Kabupaten Malang, membuat puluhan warga Ponorogo melakukan eksodus ke daerah tersebut.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6196 seconds (0.1#10.140)