TPS Surabaya Timur Dibangun, Mampu Hasilkan Listrik 4 KWH

Sabtu, 16 Maret 2019 - 23:08 WIB
TPS Surabaya Timur Dibangun, Mampu Hasilkan Listrik 4 KWH
Pemkot Surabaya akan membangun TPS di wilayah timur yang mampu menghasilkan listrik 4 KWH. foto/dok
A A A
SURABAYA - Pemanfaatan sampah menjadi tenaga listrik terus dibangun di Kota Pahlawan. Volume sampah yang terus menggunung di kota besar harus dicarikan solusi menjadi energi.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan mengurangi debit sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Benowo selama ini mampu mengubah sampah menjadi energi listrik.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menuturkan, pihaknya mau membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) untuk kawasan Surabaya Timur yang berlandaskan pada Reus, Reduce, dan Recycle (3R). Letaknya sendiri berada di sekitar Kantor Taman Rayon Timur, Jalan Tenggilis Tengah No.1 Surabaya. Saat ini lokasi tersebut digunakan sebagai rumah kompos.

“Kita akan buat TPS untuk kawasan Surabaya Timur yang 3R, kita kurangi sampah di TPA,” kata Risma saat mengunjungi Rumah Kompos Kantor Taman Surabaya Timur, Sabtu, (16/3/2019).

Ia melanjutkan, ada beberapa rumah kompos di Surabaya yang saat ini sudah dapat menghasilkan energi listrik. Salah satunya di rumah kompos Bratang yang mampu memproduksi sampah menjadi listrik sebesar 2 Kilowatt. Sementara untuk rumah kompos Jambangan, dapat memproduksi listrik hingga sebesar 4 Kilowatt.

“Pengalaman di Wonorejo itu bisa menghasilkan 4 Kilowatt. Mudah-mudahan ini juga bisa 4 Kilowatt. Lokasinya di rumah kompos Tenggilis,” ujarnya.

Risma melanjutkan, pihaknya akan memberi tambahan TPS yang ada di Wilayah sekitar Wonorejo. Penambahan di wilayah Wonorejo tersebut supaya lebih banyak menampung pembuangan sampah wilayah Surabaya timur dan dapat di kelola dengan tepat.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4954 seconds (0.1#10.140)