alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gudang Penyimpanan Petrokimia di Texas Dilahap Si Jago Merah

Berlianto
Gudang Penyimpanan Petrokimia di Texas Dilahap Si Jago Merah
Kebakaran melanda tempat penyimpanan bahan petrokimia di wilayah Houston, Texas. Foto/Ist.

HOUSTON - Tempat penyimpanan bahan petrokimia di wilayah Houston, Texas, dilahap si jago merah. Diperkirakan, kebakaran ini akan terus membakar hingga dua hari ke depan.

Kebakaran mengirimkan asap hitam tebal ke udara hingga sejauh bermil-mil.

"Petugas pemadam kebakaran membuat kemajuan mencari cara untuk menahan api di Intercontinental Terminals Co (ITC), dengan jumlah tangki penyimpanan raksasa yang terbakar berkurang menjadi enam dari tujuh sebelumnya," kata juru bicara ITC Alice Richardson seperti dilansir dari Reuters, Selasa (19/3/2019).



Pihak perusahaan mengatakan kebakaran di sebuah situs di sepanjang Houston Ship Channel di Deer Park, Texas, dimulai pada hari Minggu ketika kebocoran dari sebuah tangki yang mengandung naphtha yang mudah menguap menyulut dan menyebar tempat lain di kompleks yang sama.

Tangki-tangki itu menampung puluhan ribu barel produk yang digunakan untuk meningkatkan oktan bensin, membuat pelarut dan plastik.

Kebakaran itu tidak mengganggu kilang terdekat atau pengiriman di pelabuhan petrokimia tersibuk di negara itu, kata pihak berwenang. Houston Ship Channel adalah rumah bagi sembilan kilang minyak AS yang memproses 2,3 juta barel per hari (bph), atau 12 persen dari total nasional.

ITC, yang dimiliki oleh Mitsui & Co Jepang, melaporkan tidak ada cedera di antara stafnya. Penduduk terdekat diminta untuk tetap berada di dalam ruangan oleh pihak pemerintah kota, yang telah mencabut perintah perlindungan di tempat bagi semua warga yang diberlakukan sebelumnya pada hari Senin.

Komisi Texas tentang Kualitas Lingkungan tidak mendeteksi adanya masalah kesehatan langsung di permukaan tanah di sekitar pabrik pada Senin siang. Negara bagian itu juga berusaha membawa pesawat khusus untuk memantau emisi di ketinggian yang lebih tinggi.

Tangki yang terbakar menampung naphtha dan xylene, bahan bakar yang digunakan dalam bensin dan plastik serta toluena - cairan yang mudah menguap yang digunakan untuk membuat penghapus cat kuku dan pengencer cat. Tangki-tangki yang lain menampung bahan dasar oli yang biasa digunakan sebagai pelumas mesin.

Petugas pemadam kebakaran berusaha mengeringkan nafta dari salah satu tangki untuk menghilangkan bahan bakar bagi api.

"Mungkin dua hari," kata Ray Russell, petugas komunikasi untuk Channel Industries Mutual Aid, yang mengoordinasikan departemen pemadam kebakaran dari pabrik-pabrik Houston Ship Channel.

"Kebakaran itu harus terjadi di tangki," katanya pada briefing.

Kebakaran itu tidak banyak berpengaruh pada harga bensin reguler yang dikirim pada Senin di jalur pipa Kolonial, yang mengirim bahan bakar dari Pantai Teluk AS ke negara-negara bagian timur.

Tangki penyimpanan nafta pertama yang terbakar setelah terjadi kebocoran di pipa, dan api menyebar ke tangki terdekat, ITC melaporkan ke regulator Texas pada hari Senin. Laporan itu tidak mengatakan apa yang menyebabkan kebocoran memicu kebakaran.

Pejabat sekolah di Deer Park, populasi 32.000, dan dekat La Porte, Texas, dengan sekitar 34.000 penduduk, meliburkan sekolah pada hari Senin dan mengatakan kepada karyawan untuk tidak bekerja.

Tangki berisi naphtha dan xylene, petrokimia yang digunakan untuk membuat bensin dan terbakar Senin pagi, kata pejabat ITC.

Enam tangki yang masih terbakar dikelilingi oleh sembilan tangki penyimpanan lainnya dalam tanggul penahan tumpahan. Petugas pemadam kebakaran menggunakan busa penghambat api di tangki terdekat untuk mencoba membatasi penyebaran api.

Kapal terus transit di saluran sepanjang 50 mil, yang merupakan bagian dari Port of Houston yang menghubungkan kilang dan pabrik kimia di Houston dan Texas City, dengan Teluk Meksiko.

"Tidak ada pengaruh pada lalu lintas kapal selain di dua terminal," kata J.J. Plunkett, agen pelabuhan di Pilot Houston, yang anggotanya memandu kapal masuk dan keluar dari saluran.

"Akses kapal ke dermaga di terminal ITC dan Vopak dibatasi oleh Coast Guard AS," katanya.

Tes emisi udara mendeteksi keberadaan senyawa organik yang mudah menguap enam mil dari fasilitas. Tingkat di bawah yang dianggap berbahaya, kata ITC.



(eyt)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif