alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jenazah Korban Teror Christchurch Dimakamkan Hari Ini

Berlianto
Jenazah Korban Teror Christchurch Dimakamkan Hari Ini
Pelayat berkumpul untuk pemakaman para korban teror Christchurch. Foto/Ist.

WELLINGTON - Korban meninggal dunia akibat teror biadab yang terjadi di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru, akan dimakamkan pada hari ini, Rabu (20/3/2019).

Penundaan pemakaman dalam jangka waktu lama ini, telah membuat para keluarga korban sedih. "Pemakaman pertama seorang korban penembakan masjid tragis Jumat 15 Maret akan berlangsung pagi ini," kata Dewan Kota Christchurch seperti disitir dari AFP.

Meski begitu nama dan kewarganegaraan mereka yang akan dimakamkan belum dirilis.



"Jenazah akan dibawa ke lokasi, dibawa ke tenda pribadi yang telah ditetapkan sebagai area keluarga," kata juru bicara Dewan Kota Christchurch Jocelyn Ritchie.

"Setelah waktu yang singkat untuk salat, keluarga dan teman-teman akan membawa jenazah itu ke situs makam tempat jenazah itu akan diletakkan," tambahnya.

"Keluarga dan teman-teman almarhum akan menimbun makam, pada titik mana mereka kemudian akan mengucapkan selamat tinggal," tegasnya.

Dalam ajaran Islam jenazah harus dimakamkan sesegera mungkin, tetapi skala dan kehancuran pembantaian pada hari Jumat - yang menyebabkan 50 orang terbunuh di kota Selandia Baru selatan yang biasanya tenang - telah menunda penyerahan jenazah ke kerabat.

Komisioner Polisi Selandia Baru Mike Bush mengatakan bahwa prosesnya lambat karena kebutuhan untuk mengidentifikasi korban secara meyakinkan dan untuk menghindari menghalangi penuntutan.

"Hingga Selasa malam, 21 korban telah diidentifikasi," katanya.

Sekitar 120 orang bekerja untuk memastikan keakuratan mutlak dalam proses identifikasi itu dan berhubungan dengan keluarga, yang telah mengungkapkan kemarahannya karena lambatnya proses tersebut.

"Kita harus membuktikan bahwa pengajuan penuntutan penyebab kematian untuk sisi kepuasan, untuk hakim," kata Bush.

"Kamu tidak bisa memvonis pembunuhan tanpa sebab kematian itu," pungkasnya.



(eyt)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif