Juru Kunci Tewas Saat Kebakaran Kelenteng Tertua di Semarang

Kamis, 21 Maret 2019 - 10:29 WIB
Juru Kunci Tewas Saat Kebakaran Kelenteng Tertua di Semarang
Petugas mengevakuasi jenazah Om Lhay (70), juri kunci Kelenteng Tay Kak Sie Kota Semarang yang terbakar dini hari tadi. Foto/i News TV/Taufik Budi
A A A
SEMARANG - Kelenteng Tay Kak Sie Kota Semarang, Jawa Tengah, ludes terbakar. Kebakaran dahsyat ini, juga menewaskan seorang juru kunci klenteng karena terjebak kobaran api.

"Benar ada satu orang yang meninggal atas nama Om Lhay, usianya 70 tahun. Dia sebagai juru kunci kelenteng," ujar Komandan Peleton 2, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, Agus Nurhadi, di lokasi kejadian, Kamis (21/3/2019) pagi.

Jenazah korban ditemukan setelah petugas yang mengerahkan 12 unit mobil pemadam kebakaran berjibaku menjinakkan api. Jasad pria malang itu kemudian dievakuasi dari puing-puing bangunan untuk dibawa ke rumah sakit.

"Tadi petugas pemadam kebakaran juga telah mengevakuasi jenazah korban. Kita minta kantong mayat dari BPBD. Selanjutnya tadi ada petugas kalau enggak salah dari PMI yang membawa jenazah korban ke rumah sakit. Baru 10 menit lalu," terang dia.

Sebelumnya diberitakan, kelenteng yang menjadi kebanggaan Kota Semarang ludes terbakar. Api diketahui muncul pertama kali sekitar pukul 04.30 WIB. Petugas pemadam kebakaran langsung bergerak ke lokasi kelenteng yang berada di kawasan Pecinan itu.

Tempat ibadah ini memiliki catatan sejarah panjang karena usianya sudah mencapai 2,5 abad. Terdapat patung Laksamana Cheng Ho yang berdiri gagah tepat di depan kelenteng.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4280 seconds (0.1#10.140)