alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPK Telusuri Aset Bupati MKP, Hadirkan Pejabat dan Orang Dekat

Tritus Julan
KPK Telusuri Aset Bupati MKP, Hadirkan Pejabat dan Orang Dekat
Santoso, kontraktor asal Mojokerto menjalani pemeriksaan KPK. Ia diperiksa terkait kasus TPPU Bupati MKP. Foto/SINDOnews/Tritus Jullan.

MOJOKERTO - Pemeriksaan kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan tersangka Bupati Mojokerto nonaktif Mustofa Kamal Pasa (MKP), memasuki hari ketiga.

Kali ini sejumlah pejabat, dan beberapa orang dekat MKP yang dimintai keterangannya oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (21/3/2019).

Beberapa di antaranya manajemen PT Musika, perusahan milik keluarga MKP. Penyidik KPK terus menelusuri mantan orang nomor satu di Pemkab Mojokerto itu.



Sejak pukul 12.30 WIB, satu persatu saksi kasus TPPU yang melibatkan bupati dua periode itu tiba di gedung Wirapratama Polres Mojokerto Kota. Mereka yakni kontraktor senior asal Kabupaten Mojokerto, Santoso.

Tak lama, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Didik Pancaning Argo yang sebelumnya batal diperiksa, tiba di Mapolresta Mojokerto.

Kemudian Camat Kutorejo Budiono dan Staf Dinas Sosial (Dinsos) Sunoto yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Pemkab Mojokerto.

KPK Telusuri Aset Bupati MKP, Hadirkan Pejabat dan Orang Dekat

Selain itu, mantan Kabid PUPR Anik Mutammima yang kembali diperiksa petugas KPK. Kemudian empat orang masing-masing dua laki-laki dan dua perempuan yang dikabarkan dari pihak manajemen CV Musika, perusahaan milik keluarga MKP.

Setelah menjalani pemeriksaan selama kurang lebih tiga jam, Santoso terlihat turun dari ruang pemeriksaan di lantai dua. Kepada awak media, Santoso nampak enggan membuka lebar perihal pemeriksaan dirinya.

"Sudah, sudah selesai ini (pemeriksaannya)," kata Santoso kepada awak media usai diperiksa penyidik KPK.

Santoso pun enggan mengungkap materi apa saja yang ditanyakan penyidik KPK. Ia juga mengaku lupa, berapa pertanyaan yang dilontarkan penyidik Komisi antirasuah kepada dirinya selama tiga jam itu.

"Lali (lupa) mas. Iya soal itu (asal mula aset-aset Bupati MKP itu dari mana)," Imbuh Santoso.

Ditanya apakah sejumlah mobil yang disita KPK itu merukapan salah satu pemberiannya, Santoso membantahnya. Ia menyatakan tidak pernah memberi apapun ke MKP. "Enggak ada, gak-gak. Mobil mana saja tidak tahu," pungkas Santoso.

Sementara, sekitar 30 menit kemudian, giliran Kadis PUPR Kabupaten Mojokerto Didik Pancaning Argo yang keluar dari ruang pemeriksaan.

Berbeda dengan kemarin, kali ini Didik justru enggan memberikan klarifikasi terkait pemeriksaannya itu. Usai pemeriksaan, ia berlalu meninggalkan sejumlah awak media.



(eyt)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif