Makan Telur Bisa Mengakibatkan Masalah Jantung, Kok Bisa?

Jum'at, 22 Maret 2019 - 07:03 WIB
Makan Telur Bisa Mengakibatkan Masalah Jantung, Kok Bisa?
Telur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, berdasarkan studi, makan telur bisa mengakibatkan masalah jantung. Foto/Istimewa.
A A A
SURABAYA - Sebagian besar orang suka telur, baik itu di rebus, dadar, atau digoreng. Olahan telur juga bisa untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

Namun, makan telur bisa menyebabkan masalah jantung, benarkah? Berdasarkan studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal JAMA berjudul Associations of Dietary Cholesterol or Egg Consumption With Incident Cardiovascular Disease and Mortality', konsumsi kolesterol atau telur makanan yang berlebih dikaitkan dengan risiko insiden CVD yang lebih tinggi dan semua penyebab kematian dengan cara pemberian dosis.

Untuk sampai pada temuan, para peneliti melakukan survei terhadap 29.615 orang dewasa dan mempelajarinya selama 17,5 tahun. Secara sederhana, seperti dilansir Times Of India, penelitian ini menemukan bahwa 300 mg kolesterol per hari secara moderat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke seseorang.

Sesuai statistik, satu telur memiliki sekitar 186 mg kolesterol. Jadi, jika Anda makan dua atau lebih telur setiap hari, hal ini membuat jantung Anda rentan.

Menurut pedoman diet Amerika, satu telur per hari adalah jumlah ideal untuk orang dewasa yang sehat. Menariknya, laporan itu tidak mencegah Anda makan kuning telur lagi. Selain protein, telur juga kaya akan omega 3, vitamin A, D, dan kolesterol.

Ahli gizi Mansi Chatrath mengklarifikasi, ktika mengkonsumsi telur utuh, Anda harus mempertimbangkan sumber kolesterol lain yang masuk dalam diet, termasuk daging dan ikan.

“Selain itu, bagaimana Anda mempersiapkan telur juga harus dipertimbangkan. Rebus jelas akan memiliki lebih sedikit lemak dibandingkan dengan telur goreng,” bebernya. (Baca juga: Manfaat Kesehatan Keseimbangan Kehidupan dan Kerja bagi Wanita).

Jadi sambil memutuskan untuk terus makan telur atau menghindari makanan ini, Anda perlu menimbang, berapa banyak kolesterol dan lemak jenuh yang Anda makan dalam sehari, terlepas dari mengkonsumsi telur.

Menurut Dr Santosh Kumar Dora, Senior Cardiologist, Asian Heart Institute, Mumbai, bukan hanya telur yang dapat menyebabkan masalah jantung. Ada banyak makanan lain yang dikonsumsi yang memiliki risiko yang sama atau bahkan lebih.

“Kita perlu untuk berhati-hati tentang jumlah kalori dan karbohidrat, lemak dan protein yang kita konsumsi setiap hari. Sementara mempertimbangkan asupan lemak, kita juga melihat lemak jenuh dan tak jenuh. Kelebihan karbohidrat dan lemak jenuh dianggap tidak sehat,” paparnya.

Jika Anda khawatir menghilangkan telur dari diet Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter Anda dan menyusun rencana diet terbaik untuk Anda sendiri. Tetapi kata terakhir tetap ada, sebutir telur sehari tidak akan membahayakan - asalkan dokter Anda menyarankan sebaliknya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7096 seconds (0.1#10.140)