alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ledakan Keras Hantam Zona Industri di China Timur, 44 Tewas

Berlianto
Ledakan Keras Hantam Zona Industri di China Timur, 44 Tewas
Polisi paramiliter membawa korban luka setelah ledakan di sebuah pabrik industri kimia di Kabupaten Xiangshui, Yancheng, Provinsi Jiangsu, China. Foto/Istimewa

BEIJING - Ledakan dahsyat terjadi di pabrik kimia di China timur menewaskan sedikitnya 44 orang pada Kamis sore. Ledakan tersebut bahkan sempat menimbulkan gempa.

Ledakan itu terjadi di Kabupaten Xiangshui di Provinsi Jiangsu. Administrasi Gempa Bumi China melaporkan gempa berkekuatan 2,2 skala Richter yang diyakini disebabkan oleh ledakan tersebut.

China News Service melaporkan bahwa selain menewaskan 44 orang, setidaknya 90 orang terlukan parah dalam ledakan di Jiangsu Tianjiayi Chemical Co. Dari jumlah itu, 32 dari mereka dalam kondisi kritis seperti disitir dari New York Times, Jumat (22/3/2019).



Video yang beredar online menunjukkan orang-orang yang tampaknya telah terluka akibat pecahan kaca dan puing-puing lainnya.

Menurut daftar, pabrik tersebut memproduksi pestisida. Administrasi Keselamatan Kerja Negara mencatat 13 masalah keselamatan di pabrik setelah inspeksi tahun lalu, termasuk kurangnya pelatihan keselamatan di antara manajemen.

Jiangsu sejauh ini adalah provinsi China dengan produksi terbesar bahan kimia pertanian. Selama setahun terakhir, China juga menjadi pusat kontroversi mengenai bagaimana seharusnya mengatur produksi bahan kimia.

Serangkaian ledakan dahsyat di pabrik kimia kerap terjadi di China dalam beberapa tahun terakhir. Ledakan di kota timur laut Tianjin pada tahun 2015 menewaskan 173 orang. Lemahnya peraturan dan manajemen bahan peledak yang serampangan dituding menjadi penyebabnya.

Sementara tahun lalu setidaknya 23 orang tewas dalam ledakan di dekat sebuah pabrik kimia di Provinsi Hebei.



(vhs)

loading...