alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Banjir Terjang Puluhan Rumah Warga di Jember

Inews.id
Banjir Terjang Puluhan Rumah Warga di Jember
Puluhan rumah warga terendam banjir di Kabupaten Jember, Jatim, Sabtu (23/3/2019). (Foto: iNews/Bambang Sugiarto)

JEMBER - Banjir melanda puluhan rumah di Kabupaten Jember, Jawa Timur (Jatim), Sabtu sore (23/3/2019). Musibah itu dipicu hujan deras yang mengakibatkan Sungai Jompo meluap hingga membanjiri permukiman warga.

Dari pantauan iNews, banjir tersebut menggenangi sedikitnya 80 rumah  di Jalan Manggis dan Jalan Mawar, Jember. Sebagian warga langung mengungsi ke tempat yang lebih aman seperti di rumah saudara atau di pinggir jalan raya.

Menurut warga setempat, banjir ini lebih besar daripada sebelumnya karena menggenangi rumah hingga ketinggian lebih dari 1 meter. Bahkan, beberapa ternak warga seperti ayam juga banyak yang hanyut terhempas banjir.



Tak hanya itu, jembatan penghubung dua kampung di kawasan Jalan Manggis dan Jalan Raya Sultan Agung juga tergenang banjir. Namun, banjir tidak sampai merobohkan jembatan tersebut.

Menurut salah satu warga korban banjir, Irma, banjir terjadi dengan sangat cepat. Beruntung, warga di dekat bantaran Sungai Jompo langsung menyelamatkan diri ke tempat lebih aman sehingga tidak ada yang menjadi korban banjir.

“Selama banjir di sini, yang paling cepat airnya naik itu baru kali ini. Padahal, hujannya enggak begitu lama. Kami biasanya asih sempat menaikkan barang-barang supaya tidak terendam banjir, tapi tadi enggak sempat karena banjirnya langsung tinggi,” kata Irma.

Warga setempat menduga, banjir kiriman dari hulu Sungai Jompo itu terjadi dengan cepat karena ada longsor di kawasan Pegunungan Argopuro. Longsor dipicu curah hujan yang tinggi di wilayah itu.

“Ya, kemungkinan ada longsor di Argopuro sehingga air dengan cepat mengalir ke permukiman sini, biasanya banjir tidak secepat ini datang,” kata warga lainnya.



(vhs)

loading...
Berita Terkait