Klaim Hari Santri Nasional Usulan PKS Hanya untuk Cari Simpati

Minggu, 24 Maret 2019 - 13:45 WIB
Klaim Hari Santri Nasional Usulan PKS Hanya untuk Cari Simpati
Founder Santri Milenial Ahmad Athoillah. Foto/ist
A A A
SURABAYA - Klaim Hidayat Nur Wahid (HNW) bahwa Hari Santri Nasional (HSN) usulannya menuai polemik. Menurut Founder Santri Milenial Ahmad Athoillah, itu kepentingan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) jelang Pilpres.

Ketua HSN 2017 ini mengatakan, bila dirunut ke belakang dengan melacak jejak digital, di situ terdapat banyak serpihan berita terkait Hari Santri. Misalnya, berita tanggal 24 Oktober 2014 yang mana HNW saat itu menjabat ketua MPR dan kini tiba-tiba mengklaim bahwa dialah pengusul lahirnya HSN.

"Lucunya, bila dilacak ke belakang lagi terdapat ocehan salah satu penggede PKS lain di bulan Juli 2014 yaitu FH (Fahri Hamzah) yang mengatakan, siapapun yang mengusulkan Hasana (Hari Santri Nasionak (HSN) dia sinting. Aneh bukan?," kata Pengasuh Asrama Sunan Ampel Ponpes Mambaul Maarif Denanyar Jombang ini, Minggu (24/3/2019).

Menurut pria yang akrab disapa Gus Ayik ini, alasan HNW melakukan klaim tersebut hanya untuk kepentingan politik praktis. Artinya, hanya untuk menarik simpati di kalangan warga Nahdliyin saja. Padahal, faktanya tidak demikian.

"Lha wong saya yang diamanahi sebagai Ketua HSN 2017 saja tahu persis gelombang gegap gempita seluruh santri se-Indonesia bersuka cita akan adanya HSN itu," jelas calon anggota legislatif untuk DPRD Jatim dari PKB ini.

Lantas siapakah pencetus HSN yang sesungguhnya. Gus Ayik mengatakan, dapat dilihat secara fakta bahwa pencetus HSN adalah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

Jika HNW mengeluarkan klaim ini, karena HSN memiliki daya tarik kuat dan pengaruh besar bagi umat Islam di Indonesia, khususnya kalangan pesantren. “Saya sangat heran dengan klaim PKS yang dengan percaya diri merasa sebagai pengusul HSN,” pungkasnya.
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.5253 seconds (0.1#10.140)