Enaknya Menyantap Bakso Iga di Wisata Kampoeng Sapi Blitar

Senin, 25 Maret 2019 - 05:10 WIB
Enaknya Menyantap Bakso Iga di Wisata Kampoeng Sapi Blitar
Seperti ini bakso iga sapi yang menjadi andalan wisata kuliner Kampoeng Sapi di wilayah Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar. Foto/SINDOnews/solichan arif
A A A
BLITAR - Dipilih nama bakso iga karena memang iga sapi yang menjadi maskot wisata kuliner Kampoeng Sapi. Tak sekedar tulang sekengkel, iga yang dipilih benar-benar berlapiskan daging tebal.

"Dan dagingnya juga empuk lho. Kalau tidak percaya coba saja," tutur Miftakhul Jannah atau akrab dipanggil Amel selaku pengelola wisata kuliner Kampoeng Sapi di Jalan Raya Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar.

Tidak butuh waktu lama menunggu. Begitu pesan, seporsi menu bakso iga sapi langsung disuguhkan. Selain iga berdaging gemuk, dalam porsi jumbo itu terdapat juga pentol halus, siomay basah dan kering serta tahu putih. Semua dalam keadaan panas.

Benar yang dikatakan Amel. Sekali gigit daging gemuk itu langsung lepas. Bahkan lapisan tulang lunaknya turut terkelupas. Kerenyahan tulang lunak yang menyela setiap kunyahan daging menimbulkan sensasi nikmat tersendiri.

Begitu juga dengan pentol dan siomaynya. Tidak kalah nikmat. "Semua daging yang digunakan asli sapi. Tidak ada campurannya," kata Amel.

Selain cara memasak yang tepat, kata Amel daging iga yang digunakan memang berkarakter empuk, yakni daging tulang belakang. Tidak heran, usaha kuliner yang baru dua tahun berjalan itu diserbu banyak pelanggan. Khusus untuk bakso, dalam sehari menghabiskan rata rata 20 kilogram daging sapi.

Selain bakso iga, ada variasi bakso sumsum dan bakso biasa. Namun bakso iga tetap menjadi andalan. "Rencananya dalam waktu dekat juga akan ada bakso bakar,"kata Amel.

Bagi yang kurang menyukai bakso, ada juga menu lain seperti iga bakar, soto babat, soto daging dan empal gepuk. Untuk menu diluar bakso, daging sapi yang dihabiskan rata rata per hari setengah kuintal. "Kita bisa leluasa memilih daging sapi karena pemilik usaha ini adalah pengusaha jagal sapi di Wonodadi, "terangnya.

Bagaimana dengan harganya?. Untuk seporsi jumbo bakso iga sapi berdaging tebal, wisata kuliner Kampoeng Sapi hanya mematok harga Rp 22 ribu. Sedangkan bakso sumsum Rp 30 ribu dan bakso biasa Rp 11 ribu. Sementara untuk iga bakar/goreng Rp 25 ribu, empal gepuk Rp 10 ribu, soto babat Rp 5 ribu dan soto daging Rp 8 ribu. "Tidak mahal bukan?," kata Amel dengan senyum ramah
(msd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.4997 seconds (0.1#10.140)