Terowongan Selundupkan Narkoba Ada di Bawah Restoran KFC Arizona

Sabtu, 25 Agustus 2018 - 11:28 WIB
Terowongan Selundupkan Narkoba Ada di Bawah Restoran KFC Arizona
Sebuah terowongan obat bius ditemukan di bawah sebuah restoran KFC terbengkalai di Arizona hingga sebuah rumah di Meksiko. Foto/Istimewa
A A A
ARIZONA - Pemerintah federal menemukan terowongan penyelundupan obat-obatan yang terbentang dari sebuah rumah di Meksiko hingga ke sebuah restoran KFC yang terbengkalai di Arizona.

Divisi Penyelidikan Keamanan Dalam Negeri Departemen Keamanan Dalam Negeri AS (HSI) mengatakan mendapat laporan pada April lalu bahwa ada terowongan yang menuju ke restoran KFC tua yang tidak beroperasi di San Luiz Arizon, hanya sekitar 180 meter sebelah utara dari perbatasan.

Polisi mulai membuntuti pemilik bangunan yang ditinggalkan, Ivan Lopez, dan menangkapnya bulan ini setelah menemukan beberapa paket sabu-sabu, kokain, heroin dan fentanil di bagian belakang truknya.

Penangkapan itu menyebabkan penggeledahan di rumahnya dan restoran tua, di mana agen menemukan terowongan tersembunyi yang mengarah ke sebuah rumah di Meksiko. Terowongan ini cukup besar bagi orang-orang untuk berjalan bebas.

"Salah satu hal yang dikatakan oleh tunneling adalah bahwa ketika kita meningkatkan infrastruktur, sumber daya, patroli, itu memaksa mereka untuk pergi ke rute yang lebih mahal ke AS," kata Scott Brown, agen khusus yang bertanggung jawab untuk HSI, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (24/8/2018).

Brown mengatakan agennya telah melihat peningkatan jumlah terowongan, yang mahal dan jangka waktu yang lama untuk membangunnya. Ia mengatakan untuk sebuah terowongan yang berfungsi untuk menyelundupkan narkoba dapat menghabiskan biaya ratusan ribu dolar untuk membangunnya.

"Terowongan adalah usaha yang memakan waktu, tetapi telah pasti meningkat (jumlahnya) sejak langkah-langkah keamanan di perbatasan telah digenjot," urai Brown.

Pihak berwenang tidak tahu berapa lama terowongan itu digunakan, tetapi Lopez baru membeli properti itu pada bulan April lalu.

Menurut dokumen pengadilan, pemerintah percaya Lopez adalah anggota kartel. "Ia terlihat membawa paket-paket dari gedung beberapa kali sebelum penangkapannya pada 13 Agustus," kata dokumen pengadilan.

Lopez ditahan di tahanan federal tanpa ikatan karena ia dianggap dapat melarikan diri, menurut dokumen pengadilan.

Pengacaranya, Paul A. Ramos, tidak menanggapi permintaan untuk komentar.

Penggunaan terowongan untuk perdagangan narkoba telah menjadi masalah besar selama beberapa dekade dan telah diapungkan oleh para penentang dinding perbatasan. Mereka mengatakan terowongan akan membantu penyelundup untuk menghindari dinding perbatasan.

Pada tahun 2016, pihak berwenang merusak terowongan yang panjangnya hampir setengah mil di antara Otay Mesa, California, dan Tijuana, Meksiko. HSI memiliki gugus tugas terowongan dan badan Bea Cukai memiliki program deteksi terowongan dan teknologi, semuanya untuk menangani hampir 200 terowongan lintas batas yang telah ditemukan sejak tahun 1990.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8119 seconds (0.1#10.140)