Malam Hari, Pesawat Tempur F-16 dan T50i Bombardir Ponorogo

Kamis, 28 Maret 2019 - 17:44 WIB
Malam Hari, Pesawat Tempur F-16 dan T50i Bombardir Ponorogo
Pesawat-pesawat tempur dari Skadron Udara 3, dan Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, membombardir wilayah Ponorogo. Foto/Ist.
A A A
MADIUN - Pesawat tempur dari Skadron Udara 3, dan Skadron Udara 15 Lanud Iswahjudi, membombardir wilayah Ponorogo, pada malam hari. Aksi ini dilakukan selama dua hari.

Pesawat tempur jenis F-16 fighting Falcon, dan T50i Golden Eagle tersebut, melaksanakan latihan menembak air to ground pada malam hari, dengan sasaran AWR (Air Weapon Range) Pulung, di Desa Suren, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo.

Dalam latihan pertempuran malam hari tersebut, pesawat F-16 Fighting Falcon, dan T-50i Golden Eagle menggunakan bom BL 25. Pesawat melaksanakan take off dan landing di Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Di hari pertama pesawat tempur F-16 Fighting Falcon melaksanakan latihan sebanyak enam kali penerbangan, dan melepaskan tembakan sebanyak 36 bom.

Sedangkan pesawat T-50i Golden Eagle, di hari pertama latihan melakukan sebanyak empat kali penerbangan, dan berhasil menembakkan sebanyak 24 bom.

Malam Hari, Pesawat Tempur F-16 dan T50i Bombardir Ponorogo


Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Widyargo Ikoputra mengatakan, latihan pengeboman pada malam hari ini merupakan ujian yang harus lalui seorang penerbang tempur.

"Hal ini merupakan pencapaian profesionalitas sebagai seorang penerbang tempur. Setiap penerbang tempur harus dapat mencapainya, guna menghadapi situasi yang sulit saat melaksanakan operasi," ujar marsekal bintang satu ini.

Adapun penerbang yang terlibat dalam latihan pengeboman malam hari ini, antara lain penerbang pesawat T50i Golden Eagle, yakni Mayor Pnb. Dharma S. Gultom, Kapten Pnb. Yerik, Lettu Pnb Stefanus, Mayor Pnb. Yudisthira, dan Kapten Pnb. Kustaman.

Sementara dari Skadron Udara 3 yang menggunakan pesawat F-16 Fighting Falcon antara lain, Mayor Pnb. Bambang Aulia Yudistira, Lettu Pnb. Fulgentius Dio Prakoso, Kapten Pnb. Windi, dan Kapten Pnb. Ferry Rachman.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.3326 seconds (0.1#10.140)