Kelancaran 2 Capres Berbicara Patut Diacungi Jempol

Sabtu, 30 Maret 2019 - 21:47 WIB
Kelancaran 2 Capres Berbicara Patut Diacungi Jempol
Dua capres, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto lancar dalam debat keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Kelancaran ini patut diacungi jempol.
A A A
JAKARTA - Dua capres, Jokowi dan Prabowo lancar dalam debat keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Kelancaran ini patut diacungi jempol.

Dalam debat-debat sebelumnya, keduanya sering masih membutuhkan waktu jeda untuk menjawab pertanyaan, kali ini relatif mereka lebih spontan. Bahasa mereka juga runtut.

Membaiknya performa keduanya sudah terlihat saat awal debat dimulai. Mereka lebih tenang dan lebih mampu mengatasi ketegangan. Hal ini berdampak positif terhadap performa mereka selanjutnya.

Prabowo begitu lancar berbicara mengenai pertahanan Indonesia dan bagaimana melakukan perbaikan. Ia mengkritik pertahanan Indonesia yang masih rapuh hingga membuat posisi Indonesia lemah di dunia internasional lemah.

Di sisi lain, Jokowi juga tenang dan lancar menerangkan bagaimana sepak terjang Indonesia di dunia internasional semakin disegani. Indonesia diberi kepercayaan untuk mendamaikan konflik denga korban etnis Rohingya di Rakhine, Myanmar.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0005 seconds (0.1#10.140)