Penggunaan Medsos Berlebihan Sama Seperti Kecanduan Narkoba

Kamis, 04 April 2019 - 10:40 WIB
Penggunaan Medsos Berlebihan Sama Seperti Kecanduan Narkoba
Penelitian kaitan penggunaan media sosial dan gangguan pengambilan keputusan berisiko menemukan penggunaan media sosial berlebihan sama seperti kecanduan narkoba. (thetechfool)
A A A
SURABAYA - Ilmuwan telah menemukan hubungan antara penggunaan media sosial yang berlebihan dan gangguan pengambilan keputusan yang berisiko, yang umumnya dalam kecanduan zat.

Penelitian itu menemukan, menggunakan media sosial yang berlebihan sama seperti kecanduan narkoba.

"Sekitar sepertiga dari manusia di planet ini menggunakan media sosial, dan beberapa dari orang-orang ini menunjukkan maladaptif, penggunaan berlebihan dari situs-situs ini," kata Dar Meshi, asisten profesor di Michigan State University (MSU) di AS seperti dilansir dari The New Indian Express.

Temuan yang diterbitkan dalam Journal of Behavior Addictions ini merupakan yang pertama meneliti hubungan antara penggunaan media sosial dan kemampuan pengambilan keputusan yang berisiko. "Pengambilan keputusan seringkali dikompromikan pada individu dengan gangguan penggunaan narkoba," kata dia.

"Mereka kadang-kadang gagal belajar dari kesalahan mereka dan terus menempuh jalan hasil negatif. Tapi tidak ada yang sebelumnya melihat perilaku ini karena terkait dengan pengguna media sosial yang berlebihan, jadi kami menyelidiki kemungkinan paralel ini antara pengguna media sosial yang berlebihan dan penyalahguna narkoba. Meskipun kami tidak menguji penyebab pengambilan keputusan yang buruk, kami menguji korelasinya dengan penggunaan media sosial yang bermasalah," tambahnya.

Para peneliti meminta 71 peserta untuk melakukan survei yang mengukur ketergantungan psikologis mereka di Facebook, mirip dengan kecanduan. Pertanyaan pada survei tentang keasyikan pengguna dengan platform, perasaan mereka ketika tidak dapat menggunakannya, upaya untuk berhenti dan dampak yang dimiliki Facebook terhadap pekerjaan atau studi mereka.

Para peneliti kemudian meminta peserta melakukan tugas perjudian Iowa, latihan umum yang digunakan oleh psikolog untuk mengukur pengambilan keputusan. Untuk berhasil menyelesaikan tugas, pengguna mengidentifikasi pola hasil dalam tumpukan kartu untuk memilih tumpukan terbaik.

Para peneliti menemukan bahwa pada akhir tugas perjudian, orang-orang yang lebih buruk dilakukan dengan memilih dari deck yang buruk, semakin berlebihan penggunaan media sosial mereka. Semakin baik yang mereka lakukan dalam tugas, semakin sedikit penggunaan media sosial mereka.

Hasil penelitian ini melengkapi hasil penyalahgunaan zat. Orang-orang yang menyalahgunakan opioid, kokain, metamfetamin memiliki hasil yang serupa pada tugas perjudian Iowa dan menunjukkan kekurangan yang sama dalam pengambilan keputusan.

"Dengan begitu banyak orang di seluruh dunia menggunakan media sosial, sangat penting bagi kita untuk memahami penggunaannya. Saya percaya bahwa media sosial memiliki manfaat luar biasa bagi individu, tetapi ada juga sisi gelap ketika orang tidak bisa menarik diri. Kita perlu lebih memahami ini sehingga kita dapat menentukan apakah penggunaan media sosial yang berlebihan harus dianggap sebagai kecanduan," kata dia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5011 seconds (0.1#10.140)