HUT ke-73 TNI AU, Kasau Bakal Bangun Denhanud di Lanud Iswahjudi

Rabu, 10 April 2019 - 12:21 WIB
HUT ke-73 TNI AU, Kasau Bakal Bangun Denhanud di Lanud Iswahjudi
Komandan Wing 3 Lanud Iswahjudi, Kolonel Pnb. M. Satrio Utomo menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI AU. Foto/Ist
A A A
MADIUN - Peringatan 73 tahun TNI AU, diperingati secara sederhana dengan menggelar upacara di Lapangan Dirgantara, Lanud Iswahjudi, yang diikuti oleh prajurit TNI AU.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Komandan Wing 3 Lanud Iswahjudi Kolonel Pnb. M. Satrio Utomo, yang juga membacakan sambutan tertulis Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Dalam sambutanya, Kasau mengatakan bahwa peringatan HUT ke-73 TNI AU ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk melestarikan nilai-nilai historis perjuangan TNI AU sejak awal berdiri, serta sebagai evaluasi atas pencapaian yang telah diraih TNI AU sampai dengan hari ini.

Yuyu Sutisna, dalam sambutannya mengutip pernyataan Presiden Soekarno pada peringatan ke-9 AURI tahun 1955, yang menyatakan "Kuasailah udara untuk melaksanakan kehendak nasional, kerana kekuatan nasional di udara adalah faktor yang menentukan dalam perang modern".

"Pernyataan Presiden Soekarno tersebut menegaskan, bahwa TNI AU memiliki peran yang sangat strategis dalam rangka menegakkan kedaulatan negara. Untuk itu, peran penting TNI AU tersebut harus kita implementasikan dalam tugas dan pengabdian kita sehari hari," ajak Kasau.

Kasau juga menyampaikan berbagai kemajuan sampai saat ini, serta proyeksi prioritas pembangunan TNI AU pada masa mendatang. Di antaranya selama tahun 2018 dan triwulan pertama 2019 tidak ada peristiwa accident terjadi. Kasau berharap dapat terus mengembangkan safety culture dan mempertahankan kondisi zero accident.

Selain itu, TNI AU juga telah melaksanakan operasi bantuan sosial dalam rangka membantu korban bencana alam di Lombok, dan Palu. Pesawat-pesawat angkut dan Helikopter TNI AU total telah mengangkut 26.801 orang, dan 2.860 ton logistik pada kedua bantuan operasi tersebut.

Capaian lainnya pelaksanaan latihan Angkasa Yudha 2018, dilaksanakan dengan model dua belah pihak dikendalikan yang dilaksanakan dengan memanfaatkan sistem olah Yudha Seskoau.

Program santunan kepada 104 keluarga prajurit yang gugur dalam tugas, berupa beasiswa untuk putra-putri sampai lulus kuliah, serta pembangunan 1000 rumah prajurit dan banyak lagi inovasi-inovasi baru sehingga mengefisienkan penggunaan anggaran hingga mampu menghemat puluhan milyar rupiah.

Sedangkan program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2019 adalah melanjutkan program road to zero accident, untuk mempertahankan zero accident, mempercepat pengadaan alutsista, pembangunan network centric warfare, pembentuan Skadron Udara 33, 27, dan Satuan Rudal (Satrudal) Pam Ibukota.

Selain itu, juga akan dilakukan pembentukan tiga Detasemen Pertahanan Udara di Lanud Iswahjudi, Lanud Roemin Nurjadin, dan Lanud Raden Sadjad Ranai.

Kasau juga akan meningkatkan Lanud Adi Soemarmo, Solo; Lanud ELtari, Kupang; dan Lanud Sam Ratulangi, Manado, menjadi Lanud Tipe A, dan Lanud tipe C akan dibangun di Batam, Saumlaki, Wamena, serta Pos Angkatan Udara di Sorong.

Usai pelaksanaan upacara, dilaksanakan pembagian hadiah lomba dalam rangka memperingati HUT ke-73 TNI AU, diantaranya lomba bola voley, bulu tangkis, tenis lapangan, futsal dan lomba kebersihan lingkungan perkantoran.
(eyt)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.3862 seconds (0.1#10.140)