Pastikan Pasokan BBM Aman, Pertamina Larang Pegawainya Cuti Selama Pemilu

Kamis, 11 April 2019 - 11:32 WIB
Pastikan Pasokan BBM Aman, Pertamina Larang Pegawainya Cuti Selama Pemilu
Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina Kushartanto (kanan) saat mengecek kesiapan distribusi BBM di Terminal BBM Surabaya Group di Jalan Perak Barat.
A A A
SURABAYA - PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan BBM menjelang hingga pasca Pemilu berjalan aman dan lancar.

Untuk memastikan pasokan aman, BUMN tersebut melarang para pegawainya untuk libur atau mengambil cuti.

Hal itu disampaikan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina Kushartanto usai menggelar Apel Siaga Kesiapan Pengamanan Distribusi BBM dan LPG di Terminal BBM Surabaya Group di Jalan Perak Barat, Kamis (11/4/2019).

Pihaknya juga membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemilu yang secara khusus memastikan agar pasokan BBM dan LPG berjalan aman. Dalam pengamanan ini juga bekerjasama dengan TNI dan Polri. “Kami pastikan pasokan BBM aman,” katanya.

Satgas Pemilu akan bekerja mulai hari ini dan akan bekerja 24 jam untuk memastikan keamanan stok dan suplai BBM serta LPG. Satgas Pemilu ini merupakan yang pertama kali, karena pelaksanaan Pemilu serentak dan gabungan juga baru pertama kali dalam sejarah Indonesia.

Satgas Pemilu melibatkan Kantor Pusat, Unit Bisnis, Unit Operasi dan Anak Perusahaan di seluruh Indonesia. Satgas ini akan bekerja hingga akhir April 2019. “Ini untuk memastikan kebutuhan energi selama Pemilu hingga rekapitulasi penghitungan suara terpenuhi dengan baik,” kata Kushartanto.

Terkait stok, Pertamina memastikan tidak ada masalah. Stok di Terminal BBM Surabaya Group di Jalan Perak Barat bisa memenuhi kebutuhan BBM hingga 11 hari ke depan.

Terminal ini melayani pasokan BBM ke seluruh Jatim. Meski cukup untuk 11 hari kedepan, namun pihaknya memastikan stok tetap aman setelah 11 hari. Pasalnya, supply BBM ke terminal juga terus dilakukan. “Supply BBM di terminal Surabaya ini dari Tuban,” jelasnya.

Sementara terkait konsumsi normal harian BBM jenis Premium, Pertalite, Pertamax, Pertamax Turbo, Solar, Dexlite serta Pertamina Dex berada pada kisaran volume 20.290 KL/hari. Saat Pemilu, konsumsi diprediksi akan mengalami kenaikan.

Ini karena pada tanggal 17 April 2019 merupakan hari pencoblosan sekaligus hari libur nasional. Biasanya, ketika libur akan dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata. “Tapi saya harap, gunakan hak pilih dulu baru liburan,” pungkas Kushartanto.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9426 seconds (0.1#10.140)