Saintis Perempuan Semakin Bersinar

Kamis, 11 April 2019 - 17:05 WIB
Saintis Perempuan Semakin Bersinar
Presiden OWSD Indonesia National Chapter, Sri Fatmawati membuka kantor sekretariatnya di Menara Sains ITS, Kamis (11/4/2019). Foto/SINDOnews/Aan Haryono
A A A
SURABAYA - Organization for Woman in Science in the Developing World (OWSD) Indonesia National Chapter membuka kantor sekretariatnya di Menara Sains ITS Surabaya.

Salah satu alasanya adalah kegiatan sains di Kota Pahlawan diprediksi semakin masif. Presiden OWSD Indonesia National Chapter, Sri Fatmawati SSi MSc PhD menuturkan, OWSD Indonesia National Chapter sendiri merupakan sebuah chapter dari OWSD pusat yang berada di Italia.

Pihaknya menghimpun 144 orang perempuan saintis dari 14 provinsi di Indonesia, OWSD Indonesia National Chapter ini masih terus berkembang melebarkan sayapnya untuk menghimpun saintis perempuan lain dari seluruh daerah.

Saintis perempuan sendiri baik di dalam maupun luar negeri, memiliki jumlah yang sedikit dibandingkan saintis laki-laki. “Padahal di era globaliasi ini, laki-laki dan perempuan memiliki akses yang sama untuk dapat berkarya dalam sains,” katanya.

Ia melanjutkan, OWSD Indonesia National Chapter kedepan dapat menyerap lebih banyak anggota dari berbagai daerah. Dengan begitu, dampak dari program yang dijalankan dapat merata bagi seluruh daerah.

“Kami (OWSD Indonesia National Chapter, red) juga berharap dukungan dari berbagai pihak bagi organisasi ini, sebab seperti logo kami, perempuan yang menunjung tinggi sains dapat menjadi akar yang kuat untuk kemajuan bangsa Indonesia,” ucapnya, Kamis (11/4/2019) .

Perempuan asal Madura ini mengatakan, adanya program kerjasama ITS dengan perguruan-perguruan tinggi di wilayah timur Indonesia berupa Eastern Part of Indonesia University Network (EPI-UNET), diharapkan dapat memberi akses yang lebih mudah untuk menjangkau daerah-daerah pelosok di Indonesia.

Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MScEs PhD mengatakan, OWSD Indonesia National Chapter ini mendapat bantuan untuk menempati sebagian ruangan kecil di Departemen Kimia ITS. Namun, kini dukungan tersebut ditingkatkan dengan memberi tempat di ruang yang lebih besar di Menara Sains ITS.

Prof Joni Hermana pun menyambut baik peresmian kantor sekretariat OWSD Indonesia National Chapter ini. Menurutnya, organisasi saintis perempuan ini sudah memiliki visi yang luar biasa bagi kemajuan sains di Indonesia. Bagi ITS pun, OWSD Indonesia National Chapter ini juga sangat membantu untuk pemberdayaan saintis perempuan ITS dengan lolosnya jurnal-jurnal hingga ke tingkat internasional.

“Yang terpenting, OWSD Indonesia National Chapter ini sangat memberikan motivasi dan membuktikan bahwa kita punya potensi besar untuk maju ke tingkat dunia,” ucapnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.4039 seconds (0.1#10.140)