Joko Widodo- Ma’ruf Kompak Berkoko Putih, Sebelum Debat Salat Berjamaah

Sabtu, 13 April 2019 - 21:13 WIB
Joko Widodo- Ma’ruf Kompak Berkoko Putih, Sebelum Debat Salat Berjamaah
Paslon 01 Jokowi dan KH Maruf Amin kompak mengenakan koko putih dan peci hitam dalam debat Pilpres 2019 ke-5 (terakhir) di Hotel Sultan, Sabtu (13/4/2019). Foto/iNews TV
A A A
JAKARTA - Paslon 01 Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin kompak mengenakan koko putih dan peci hitam dalam debat Pilpres 2019 ke-5 (terakhir) di Hotel Sultan, Sabtu (13/4/2019).

Sebelum tiba di arena debat, paslon 01 ini berdiskusi, salat berjamaah dan berdzikir bersama para kiai.

Didampingi istri tercintanya, Iriana, Jokowi lebih awal tiba di lokasi dengan setelan koko putih dan celana hitam. Tak lama kemudian, Kiai Ma’ruf yang juga berkoko putih, plus serban dan sarung putih, juga datang bersama istrinya, Nyai Wury Estu Handayani.

Sebelum debat berlangsung, Kiai Ma’ruf mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang punya hak pilih, untuk menggunakan hak pilihnya tanpa rasa takut. “Saya meminta seluruh masyarakat untuk menyukseskan Pemilu ini, dengan menggunakan hak pilihnya sesuai hati-nurani, tanpa harus takut terhadap ancaman atau intimidasi apapun,” kata Kiai Ma’ruf.

Hal senada diungkapkan Jokowi. Presiden Indonesia ke-7 ini meminta, seluruh warga masyarakat berhak mendapat perlindungan dalam menggunakan hak pilihnya. “Jangan takut untuk memilih, karena TNI dan Polri siap menjaga keamanan Pemilu ini,” ujar Jokowi.
Sebelum tiba di arena debat, paslon 01 ini berdiskusi, salat berjamaah dan berdzikir bersama para kiai di Hotel Fairmont. Di hotel itu, Jokowi menyowani KH Maimoen Zubair (Mbah Moen) dan Habib Luthfi bin Yahya.

Dalam pertemuan tersebut, Mbah Moen memberikan serban hijau yang biasa ia kenakan dalam berbagai pengajian. Mbah Moen juga membisiki Jokowi sebagai bentuk restu ulama sepuh asal Sarang, Rembang tersebut.

Sesaat kemudian, Habib Luthfi, Pimpinan Forum Sufi Internasional, memberikan tasbihnya kepada Jokowi. Tasbih di kalangan ulama sufi, menjadi simbol agar Jokowi senantiasa berdzikir, mengingat Ilahi dalam kesehariannya.

Habib Luthfi baru ditunjuk menjadi Pimpinan Forum Sufi seluruh dunia, Selasa (9/4/2019). Ia ditunjuk dalam Multaqa Sufi yang dihadiri para ulama tasawuf, mursyid dan pakar tasawuf dari berbagai universitas keislaman di seluruh dunia.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1790 seconds (0.1#10.140)